Kompas.com - Diperbarui 17/11/2022, 07:24 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) dilaporkan mengembangkan fitur kirim chat ke nomor sendiri pada September lalu. Saat itu, fitur ini hanya tersedia untuk WhatsApp desktop versi beta.

Sejak akhir Oktober, fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri sudah tersedia untuk sejumlah pengguna WhatsApp beta di iOS maupun Android. Nah, sekarang fitur ini juga sudah bisa dicoba oleh pengguna WhatsApp beta di Indonesia.

Seperti namanya, fitur chat ke nomor sendiri di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dari dan ke nomor yang sama di WhatsApp. Praktik ini sama seperti ketika pengguna mengirim pesan ke pengguna lain, hanya saja tujuannya adalah nomor Anda sendiri.

Jadi, ketika pengguna membuka obrolan baru dengan menekan ikon pesan WhatsApp, akan tersedia beragam opsi mulai dari Grup baru, Kontak baru, hingga daftar kontak yang terdaftar di WhatsApp.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Bisa Bisukan Grup Besar secara Otomatis

Pada daftar kontak, akan muncul nomor Anda sendiri disertai keterangan "Kirim pesan ke diri sendiri", seperti gambar di bawah ini. Untuk mengirim pesan ke nomor sendiri, pengguna bisa memilih opsi tersebut.

Tangkapan layar fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri. Kontak sendiri akan ditandai dengan keterangan (Anda).Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri. Kontak sendiri akan ditandai dengan keterangan (Anda).

Selain mengirim pesan baru, pengguna juga bisa meneruskan (forward) pesan dari pengguna lain ke nomor Anda sendiri. Caranya pun sama seperti ketika meneruskan pesan ke kontak lain.

Pantauan KompasTekno, fitur chat ke nomor sendiri tersedia pada aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.22.24.9. Fitur ini juga tersedia untuk pengguna WhatsApp Android versi beta 2.22.24.11 dan 22.23.74 untuk pengguna iOS, dihimpun dari WABetaInfo.

Chat WhatsApp yang dikirim ke nomor sendiri juga akan muncul pada perangkat lain yang terhubung di WhatsApp dengan nomor yang sama. Jadi, jika Anda memasang WhatsApp desktop atau web di komputer dan Anda chat ke kontak sendiri, chat yang sama akan muncul di smartphone serta komputer.

Selain itu, meskipun pengguna berkirim pesan ke nomor sendiri, pesannya akan tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp agar Tidak Diganggu

Sebelumnya fitur ini tidak mendukukung konsep WhatsApp multi-device (lebih dari satu perangkat). Dalam skenario ini, chat WhatsApp ke nomor sendiri hanya bisa dikirimkan ke perangkat utama atau ponsel. Jadi, pesan yang sama tidak akan muncul di perangkat lain yang terhubung seperti komputer atau laptop.

Namun, kemudian WhatsApp memperbaikinya dan memungkinkan pesan yang dikirim ke nomor sendiri bisa muncul di semua perangkat yang terhubung.

Perlu dicatat bahwa fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp versi beta. Belum diketahui kapan fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri akan tersedia dalam versi stabil bagi seluruh pengguna. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.