Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Disebut Akan Pangkas Pengiriman Smartphone Tahun Depan

Kompas.com - 16/11/2022, 13:06 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan bakal memangkas volume pengiriman (shipment) unit smartphone secara global sebesar 13 persen pada 2023 mendatang.

Hal ini mencuat berdasarkan laporan TaiwanEconomicDaily yang dilansir oleh situs berita berbahasa China, ITHome belum lama ini.

Menurut laporan tersebut, angka 13 persen tadi bisa diartikan bahwa Samsung bakal mengirimkan 30 juta unit smartphone lebih sedikit dari target tahunannya.

Sebab, sejak 2017 lalu, Samsung selalu menargetkan total pengiriman smartphone tiap tahun di angka sekitar 300 juta unit. Sehingga, target pengiriman smartphone di 2023 mendatang akan berjumlah 270 juta unit, apabila pengurangan 30 juta unit tadi akurat.

Baca juga: Strategi Baru Samsung, Bikin Galaxy S23 Lebih Hemat?

Meski target pengiriman ponsel di 2023 berkurang, angka tersebut kemungkinan bakal lebih besar dibanding jumlah pengiriman smartphone Samsung di 2022.

Menurut media lokal Korea Selatan Naver, pengiriman ponsel Samsung di 2022 diperkirakan mencapai angka 260 juta unit, setelah direvisi dari target pengiriman sebelumnya, yakni 300 juta unit ponsel.

Artinya, taksiran target pengiriman 270 juta unit smartphone Samsung di 2023 tadi, 10 juta unit lebih banyak dibanding target tahun 2022.

Samsung belum mengonfirmasi rumor pemangkasan pengiriman smartphone ini, begitu juga alasan mengapa langkah itu diambil jika benar akan dilakukan.

Namun, menurut informasi yang beredar, pemangkasan ini dipicu oleh bisnis smartphone Samsung yang belakangan sedang "kurang sehat" karena permintaan pasar smartphone yang juga menurun.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Meluncur Februari, Hanya Pakai Chipset Snapdragon?

Adapun penurunan permintaan smartphone bisa dipicu berbagai hal, mulai dari pandemi Covid-19 yang berpengaruh pada pasokan komponen ponsel, hingga kondisi ekonomi global terkini yang memaksa konsumen untuk menghemat pengeluaran mereka.

Terkait bisnis Samsung, laporan TaiwanEconomicDaily memaparkan bahwa bisnis Samsung di kuartal-III 2022, terutama untuk pengiriman smartphone, meningkat apabila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Namun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, jumlah pengiriman unit smartphone Samsung di kuartal-III tahun ini disebut menurut sekitar 8 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ITHome, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A04e di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com