Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 16.2 Beta 3 Rilis, Perbaiki Fitur iPhone yang Bikin Boros Baterai

Kompas.com - 16/11/2022, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac


KOMPAS.com - Apple menggulirkan pembaruan sistem operasi (OS) iOS 16.2 versi beta 3. Melalui pembaruan ini, Apple sekaligus menjawab keluhan pengguna terkait fitur Always-On display (AOD) di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Always-On display di duo iPhone 4 Pro dikeluhkan karena terlalu lama aktif. Selain itu, Always-On display di duo iPhone 4 Pro juga terlalu banyak menampilkan informasi, hingga menguras baterai.

Fitur AOD sendiri sudah lebih dulu tersedia di berbagai smartphone berbasis Android. Di perangkat Android, fitur AOD ketika diaktifkan hanya akan menampilkan jam dalam nuansa hitam putih disertai beberapa notifikasi.

Baca juga: Begini Cara Update ke iOS 16 di iPhone

Berbeda dengan Android, AOD di iPhone 14 Pro menampilkan aneka fitur mulai dari jam, widget, wallpaper dengan pencahayaan yang agak diredupkan sampai preview dari konten yang sedang didengarkan pengguna.

Nah, di iOS 16.2 beta 3, Apple menambahkan pengaturan baru yang akan mengatasi keluhan pengguna soal AOD tadi.

Opsi bisa ditemukan di menu Pengaturan (Settings) > Tampilan dan Kecerahan (Display and Brightness) > Always On Display. Dari sini, pengguna akan mendapati tiga opsi berikut disertai tombol untuk mengaktifkannya:

  • Always On Display
  • Show Wallpaper
  • Show Notification

Always on display di iPhone 14 Pro9to5Mac Always on display di iPhone 14 Pro

Opsi pertama bila diaktifkan akan membuat layar kunci iPhone 14 Pro redup, dengan tetap menampilkan aneka informasi seperti jam, widget dan notifikasi. Opsi ini diaktifkan Apple sebagai pengaturan default.

Baca juga: iPhone 14 Hadir, Ini Daftar Harga iPhone 13 Series Terbaru November 2022, Turun hingga Rp 900.000

Opsi kedua yaitu Show Wallpaper. Bila opsi ini diaktifkan, akan membuat wallpaper pengguna tetap tampil pada AOD. Sebaliknya, wallpaper ponsel tidak akan ditampilkan bila pengguna menonaktifkannya.

Serupa dengan opsi sebelumnya, Show Notification juga memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan notifikasi dari layar AOD, dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (16/11/2022).

Dengan menonaktifkan wallpaper dan notifikasi, pengguna iPhone 14 Pro hanya akan mendapati AOD pada layar kunci dengan nuansa hitam disertai informasi jam saja, sebagaimana AOD pada perangkat Android.

Pembaruan iOS 16.2 beta 3 baru tersedia untuk pengguna yang mengikuti program beta. Belum diketahui kapan Apple akan menggulirkan pembaruan versi stabil ke semua pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com