Kompas.com - 16/11/2022, 14:00 WIB


KOMPAS.com - Apple menggulirkan pembaruan sistem operasi (OS) iOS 16.2 versi beta 3. Melalui pembaruan ini, Apple sekaligus menjawab keluhan pengguna terkait fitur Always-On display (AOD) di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Always-On display di duo iPhone 4 Pro dikeluhkan karena terlalu lama aktif. Selain itu, Always-On display di duo iPhone 4 Pro juga terlalu banyak menampilkan informasi, hingga menguras baterai.

Fitur AOD sendiri sudah lebih dulu tersedia di berbagai smartphone berbasis Android. Di perangkat Android, fitur AOD ketika diaktifkan hanya akan menampilkan jam dalam nuansa hitam putih disertai beberapa notifikasi.

Baca juga: Begini Cara Update ke iOS 16 di iPhone

Berbeda dengan Android, AOD di iPhone 14 Pro menampilkan aneka fitur mulai dari jam, widget, wallpaper dengan pencahayaan yang agak diredupkan sampai preview dari konten yang sedang didengarkan pengguna.

Nah, di iOS 16.2 beta 3, Apple menambahkan pengaturan baru yang akan mengatasi keluhan pengguna soal AOD tadi.

Opsi bisa ditemukan di menu Pengaturan (Settings) > Tampilan dan Kecerahan (Display and Brightness) > Always On Display. Dari sini, pengguna akan mendapati tiga opsi berikut disertai tombol untuk mengaktifkannya:

  • Always On Display
  • Show Wallpaper
  • Show Notification

Always on display di iPhone 14 Pro9to5Mac Always on display di iPhone 14 Pro

Opsi pertama bila diaktifkan akan membuat layar kunci iPhone 14 Pro redup, dengan tetap menampilkan aneka informasi seperti jam, widget dan notifikasi. Opsi ini diaktifkan Apple sebagai pengaturan default.

Baca juga: iPhone 14 Hadir, Ini Daftar Harga iPhone 13 Series Terbaru November 2022, Turun hingga Rp 900.000

Opsi kedua yaitu Show Wallpaper. Bila opsi ini diaktifkan, akan membuat wallpaper pengguna tetap tampil pada AOD. Sebaliknya, wallpaper ponsel tidak akan ditampilkan bila pengguna menonaktifkannya.

Serupa dengan opsi sebelumnya, Show Notification juga memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan notifikasi dari layar AOD, dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (16/11/2022).

Dengan menonaktifkan wallpaper dan notifikasi, pengguna iPhone 14 Pro hanya akan mendapati AOD pada layar kunci dengan nuansa hitam disertai informasi jam saja, sebagaimana AOD pada perangkat Android.

Pembaruan iOS 16.2 beta 3 baru tersedia untuk pengguna yang mengikuti program beta. Belum diketahui kapan Apple akan menggulirkan pembaruan versi stabil ke semua pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.