Kompas.com - 16/11/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, cuitan di Twitter menampilkan jenis perangkat yang digunakan, apakah Android atau iPhone, melalui status yang muncul dengan tulisan “via Twitter for Android” atau “via Twitter for iPhone”.

Status tersebut muncul di bawah cuitan yang diunggah di linimasa. Selain perangkat smartphone, pengguna yang mengunggah cuitan lewat web PC/komputer, atau bahkan aplikasi pihak ketiga juga akan muncul.

Misalnya, "via Twitter for Tweetie", "Twitter for Tweetdeck", dan sebagainya. Kendati begitu, status label tersebut dikabarkan akan dibuang dari Twitter.

Setidaknya begitulah rencana dari CEO Twitter yang baru, Elon Musk, melalui cuitannya di Twitter dengan handle @elonmusk, Selasa (14/11/2022).

Baca juga: Admin Twitter Huawei yang Nge-twit Pakai iPhone Kena Sanksi

Musk mengungkapkan akan segera menghilangkan label Twitter for Android atau Twitter for iPhone, dengan alasan memakan banyak tempat dan terkesan hanya memenuhi layar saja.

“Dan kami akhirnya akan berhenti menambahkan perangkat apa yang digunakan untuk mengunggah cuitan (membuang-buang dan memperhitungkan ruang layar) di bawah setiap cuitan. Sungguh tidak ada yang tahu mengapa kami melakukan itu,” tulis Musk dalam sebuah thread.

Cuitan itu pun menuai sejumlah kritik, salah satunya oleh seorang aktor kenamaan di Amerika Serikat, Chris Messina. Ia membalas cuitan tersebut dengan memberi penjelasan kepada Musk terkait fungsi dari label status Twitter.

Baca juga: Samsung Ketahuan Promosikan Galaxy Note 9 Pakai iPhone

“Itu sangat berguna untuk membuktikan visibilitas melalui klien (saat) menggunakan (aplikasi) pihak ketiga, seperti Tweetie (perusahaan yang diakuisisi dan menjadi aplikasi iOS Twitter) ataupun Tweetdeck (yang sudah tutup),” tulis Messina dengan handle @chrismessina.

“Juga itu berguna sebagai status indikator (contohnya, apakah cuitan tersebut dikirim melalui (Twitter) desktop ataupun mobile),” tambah Messina.

Tidak disangka-sangka, penjelasan dari Messina di atas membuat pendiri sekaligus mantan CEO Twitter, Jack Dorsey ikut berkomentar. Dengan balasan yang singkat, jelas, dan padat, Dorsey menyetujui penjelasan Messina dengan tulisan “Correct” alias “Betul”.

Halaman:
Sumber Twitter


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.