Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Pamer Kecerdasan Snapdragon 8 Gen 2, Bisa Translate ke Dua Bahasa secara "Real Time"

Kompas.com - 16/11/2022, 16:57 WIB
Yudha Pratomo,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

HAWAII, KOMPAS.com - Qualcomm memperkenalkan chipset flagship terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, dalam acara tahunan Snapdragon Summit di Hawaii, Selasa (15/11/2022).

Salah satu hal yang diunggulkan di system-on-chip (SoC) kelas atas ini adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI). Qualcomm mengeklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 2 merupakan chipset yang lebih cerdas dari pendahulunya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kemampuan translate atau penerjemah bahasa secara real-time ke dua bahasa sekaligus. Bahkan, kemampuan itu tetap berfungsi meski ponsel dalam kondisi offline atau tidak tersambung internet.

Kemampuan tersebut hadir melalui fitur Snapdragon Smart dengan Cognitive AI yang dapat mendeteksi suara dan tulisan.

Melalui sebuah demonstrasi, Qualcomm memamerkan kemampuan tersebut. Dalam demo ini sebuah smartphone dengan aplikasi khusus yang digunakan untuk uji coba, dapat memahami percakapan dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Gen 2, Chip Flagship untuk HP Android Teratas

Percakapan tersebut diubah menjadi teks dan kemudian diterjemahkan ke dalam dua bahasa secara bersamaan, yakni bahasa China dan Spanyol. Video demonstrasi Qualcomm itu diunggah oleh jurnalis KompasTekno, Yudha Pratomo yang sedang meliput acara Snapdragon Summit di Hawaii, ke akun Instagram pribadinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yudha Pratomo (@pratomoyudha)

Menurut Vinesh Sukumar, Senior Director Product Management Qualcomm Technologies, kemampuan penerjemahan multi-bahasa ini akan mendukung banyak bahasa di dunia.

"Dua bahasa ini bisa diterjemahkan tanpa halangan. Bayangkan di masa depan ada banyak bahasa yang bisa dipahami," kata Sukumar.

Pemahaman bahasa dan terjemahan yang dihasilkan juga diklaim minim kesalahan karena melewati proses pengolahan menggunakan kecerdasan buatan.

Snapdragon 8 Gen 2 sendiri memang mengunggulkan sektor kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). AI di Snapdragon 8 Gen 2 akan mendongkrak fungsi kamera serta pemrosesan bahasa.

Baca juga: Ini Peningkatan di Snapdragon 8 Gen 2 Dibanding Gen 1

Kemampuan tersebut hadir berkat adanya fitur Snapdragon Smart yang didukung prosesor Qualcomm Hexagon untuk AI.

Selain menerjemahkan bahasa, AI ini juga memungkinkan perangkat melakukan optimasi saat mengambil gambar atau foto melalui kamera.

Snapdragon 8 Gen 2 juga diklaim hadir dengan performa lebih bertenaga dan efisien dibanding pendahulunya. GPU Adreno di Snapdragon 8 Gen 2, disebut Qualcomm, 25 persen lebih bertenaga dan CPU Kryo diklaim 40 persen lebih efisien.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 2 merupakan chipset pertama dari Qualcomm yang mendukung teknologi optimasi gambar ray tracing agar smartphone bisa menampilkan gambar lebih realistis saat bermain game.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com