Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Penampakan Pixel Fold, Ponsel Lipat Pertama Google?

Kompas.com - 17/11/2022, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google dikabarkan tengah menyiapkan ponsel lipat (foldable phone) pertama bikinan mereka yang konon bakal bernama Pixel Fold.

Rumor terkait ponsel lipat ini belakangan terus menyeruak di dunia maya. Yang terbaru, pembocor ulung FrontPageTech menguak sejumlah gambar render tiga dimensi (3D) yang menampilkan desain perangkat tersebut dari segala sisi.

Berdasarkan gambar rekayasa tersebut, Pixel Fold tampak akan mengusung mekanisme lipatan yang serupa dengan Galaxy Z Fold 4. Artinya, ponsel bisa dilipat atau "ditutup" bak sebuah buku.

Ketika dibentangkan, Pixel Fold tampak akan menampilkan layar utama (Main Screen) berukuran besar layaknya sebuah tablet.

Kabarnya, layar utama Pixel Fold, yang terlihat memiliki bezel lebih lebar dari bezel layar utama Galaxy Z Fold 4, dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 9,5 MP.

Kamera ini tidak ditempatkan di bawah permukaan layar, melainkan di area bezel di bagian kanan atas layar.

Ilustrasi ponsel lipat Google Pixel Fold dalam gambar render 3D.FrontPageTech Ilustrasi ponsel lipat Google Pixel Fold dalam gambar render 3D.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Fold 4: Z Fold 3 yang Lebih Enak Dipandang dan Dipegang

Nah, ketika layar tersebut dilipat, ukuran Pixel Fold tampaknya akan menjadi lebih ringkas.

Dalam mode ini, pengguna bakal bisa memakai layar kedua (Secondary Screen) yang dibekali dengan lubang kamera (punch hole) di bagian tengah atasnya, mirip dengan layar kedua di Galaxy Z Fold 4.

Lubang kamera tersebut kabarnya memuat kamera selfie dengan resolusi serupa dengan kamera selfie yang ada di layar utama, yaitu 9,5 MP.

Terkait kamera, pengguna juga tampaknya bisa memakai kamera utama Pixel Fold yang terletak di bagian punggung perangkat, baik dalam mode dilipat atau tidak dilipat.

Tampilan modul kamera belakang Pixel Fold, yang tampak memuat tiga buah kamera, terlihat tak memiliki bahasa desain yang sama dengan Pixel 7 atau Pixel 7 Pro.

Sebab, kedua sisi modul kamera belakang ponsel lipat ini tidak dibuat menyatu dengan bingkai perangkat, sehingga terlihat seperti modul kamera berbentuk kapsul yang menonjol atau tidak sejajar dengan permukaan cangkang.

Baca juga: Pixel Watch Resmi Meluncur, Smartwatch Pertama Bikinan Google

Ilustrasi ponsel lipat Google Pixel Fold dalam gambar render 3D.FrontPageTech Ilustrasi ponsel lipat Google Pixel Fold dalam gambar render 3D.

Meski bocoran gambarnya sudah menyeruak, kemampuan atau spesifikasi Pixel Fold hingga saat ini belum diketahui.

Namun, ada beberapa kabar yang menyebut bahwa perangkat ini bakal menjadi kompetitor utama Galaxy Z Fold 4, sehingga spesifikasinya mungkin akan serupa dengan ponsel lipat Samsung itu.

Selain itu, Pixel Fold juga konon bakal hadir dengan beragam fitur dan kamera khas Pixel. Boleh jadi, fitur dan kemampuan ini bakal tak jauh berbeda dengan Pixel 7 atau Pixel 7 Pro yang sudah diuncurkan Google Oktober lalu.

Menurut kabar yang beredar, Pixel Fold bakal diluncurkan pada ajang Google I/O tahun depan, yaitu sekitar Mei 2023 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (17/11/2022)..

Konon, peluncuran ponsel lipat yang kabarnya memiliki varian warna Chalk (putih) dan Obsidian (hitam) ini bakal dilakukan bersamaan perangkat tablet Google Pixel Tablet. Benarkah? Kita nantikan saja.

Baca juga: Google Pixel 7 dan 7 Pro Meluncur dengan Android 13 dan Chip Tensor G2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com