Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapdragon 8 Gen 2 Punya Ray Tracing, Bawa Pengalaman Game AAA Laptop ke HP

Kompas.com - 17/11/2022, 09:19 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

HAWAII, KOMPAS.com - Snapdragon 8 Gen 2 yang diperkenalkan Qualcomm, pada Selasa (15/11/2022), menjadi chipset pertama dari Qualcomm, yang dibekali teknologi ray tracing.

Ray tracing merupakan teknologi visual yang memanfaatkan pencahayaan untuk memberi kesan lebih nyata dalam video game. Ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2 diklaim membuat game tampak lebih realistis.

Menurut Senior Director Technology, Snapdragon Studios Qualcomm Technologies, Todd Lemoinne, Qualcomm menghadirkan teknologi ini karena ingin membawa kualitas pencahyaan ray tracing layaknya komputer atau laptop gaming, ke smartphone.

Hal tersebut dilakukan untuk memberi pengalaman terbaik saat pengguna perangkat dengan Snapdragon 8 Gen 2 memainkan game mobile.

Baca juga: ARM Umumkan Immortalis, Hadirkan Ray Tracing ala PC di Smartphone

"Kami ingin membawa pengalaman yang lebih realistis ke mobile gaming. Dengan teknologi ray tracing melalui Snapdragon Elite Gaming, kami ingin menghadirkan pengalaman game triple AAA dari laptop ke smartphone," kata Todd.

Teknologi ray tracing yang dibawa chipset Snapdragon 8 Gen 2, dihasilkan dari hardware khusus, bukan memanfaatkan software.

Sehingga menurut Todd, perangkat yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 akan dapat menampilkan visualisasi cahaya yang lebih natural saat bermain game.

Misalnya, saat menampilkan bayangan atau refleksi objek ketika berada di atas air dalam sebuah game.

Kendati demikian, ray tracing ini baru akan tersedia jika layar perangkat sudah mendukung resolusi 2K (2560 x 1440 piksel ).

Kerja sama dengan Ubisoft

Salah satu pengembang game yang saat ini digandeng Qualcomm adalah Ubisoft.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon AR2 Gen 1, Chipset Khusus Kacamata AR

Todd mengatakan, salah satu game bikinan Ubisoft yang dapat berjalan optimal dengan ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2 adalah Rainbow Six Mobile. Game ini akan dirilis pada 2023 mendatang.

"Ada 30 game lain yang sedang dibikin, yang dioptimasi untuk ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2. 30 game itu digarap menggunakan Unreal Engine 5," kata Todd.

Ray tracing bikin panas?

Saat ditanya soal potensi panas berlebih ketika ray tracing menyala, Todd sendiri tidak menjawab secara jelas. Ia hanya menekankan bahwa ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2 mengedepankan efisiensi daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com