Kompas.com - 17/11/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp merilis fitur barunya di Indonesia, yaitu fitur jajak pendapat atau Polling. Kini fitur Polling hadir di grup percakapan (WA grup) dan percakapan personal WhatsApp, Kamis (17/11/2022).

Fitur Polling di WhatsApp bisa diakses melalui menu attachment/lampiran (ikon penjepit kertas). Seperti namanya, Polling memungkinkan seseorang membuat daftar pilihan. Di grup WA, anggota grup dapat memilih opsi yang tersedia sesuai dengan pilihannya.

Kemunculan fitur Polling di WhatsApp mempermudah sejumlah anggota dalam grup ketika ingin mengambil keputusan. Misalnya, menentukan waktu pertemuan rapat, titik temu, menu makan siang, dan masih banyak lagi.

Keputusan yang ditentukan juga bisa lebih efektif dan menghemat waktu. Apalagi jika di dalam grup tersebut terdapat puluhan hingga ratusan anggota. Kini, setiap pengguna hanya perlu memilih opsi jawaban yang tersedia sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Fitur Polling Telegram Diperbarui, Punya 3 Mode

Ditambah, proses pengumpulan data dari jawaban yang diberikan dapat langsung terkumpul dalam satu bubble chat (gelembung chat) saja. Pengguna tidak perlu repot-repot menggulir layar ruang obrolan untuk merangkum seluruh jawaban anggota grup.

Pantauan KompasTekno, Kamis (17/11/2022), pengguna WhatsApp Android versi 2.22.23.7 dan iOS versi 22.23.74 sudah dapat menjajal fitur polling baru ini.

Tidak hanya itu, pengguna dari WhatsApp Web ataupun WhatsApp desktop juga sudah mendapat fitur polling ini.

Ilustrasi dari fitur polling Whatsapp yang sudah hadir di Indonesia (KOMPAS.com/Caroline Saskia TanotoKOMPAS.com Ilustrasi dari fitur polling Whatsapp yang sudah hadir di Indonesia (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto

Cara bikin polling di WhatsApp

Lantas, bagaimana cara bikin polling di WhatsApp? Fitur polling di WhatsApp bisa diakses melalui menu attachment/lampiran (ikon pin penjepit kertas), kemudian memilih menu Poll.

Setelah itu, pengguna dapat menuliskan pertanyaan yang ingin diajukan di dalam polling. Jumlah opsi jawaban yang tersedia bisa diisi sesuai kebutuhan, minimal terdiri dari dua opsi dan maksimal 10 opsi.

Ketika fitur tersebut dikirim ke ruang obrolan grup, anggota lain bisa langsung memilih jawaban yang tersedia. Jawaban yang dipilih bisa lebih dari satu, bahkan peserta bisa memilih seluruh jawaban dari opsi yang tersedia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.