Kompas.com - 17/11/2022, 14:21 WIB

HAWAII, KOMPAS.com - Selain memperkenalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2, Qualcomm juga memperkenalkan platform audio bluetooth generasi kedua buatan perusahaan, yakni Qualcomm S5 Gen 2 Sound Platform dan Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform.

Menurut Lauren Miller, Senior Public Relation Qualcomm Technologies, keduanya dirancang agar bekerja dengan optimal di perangkat dengan SoC Snapdragon 8 Gen 2.

Kedua platform audio tersebut juga mendukung teknologi Snapdragon Sound yang membawa fitur baru seperti Spatial Audio, yang bisa melacak dan mengikuti pergerakan kepala pengguna.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon AR2 Gen 1, Chipset Khusus Kacamata AR

Spatial Audio sendiri merupakan fitur untuk membuat efek suara seolah dari berbagai arah. Sehingga efek suara yang dihasilkan seperti mode 3D.

"Kami memahami keinginan konsumen. Kami membawa Qualcomm S5 Gen 2 Sound platform dan Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform untuk perangkat audio yang optimal," kata Miller di panggung acara Snapdragon Summit 2022, Rabu (16/11/2022).

"Pengguna bisa merasakan bagaimana Spatial Audio bekerja melalui dukungan teknologi Snapdragon Sound," lanjutnya.

Selain menghadirkan lossless audio melalui bluetooth, kedua chip audio ini juga diklaim Qualcomm memiliki latensi yang rendah, yakni 48 ms.

Dengan angka latency tersebut, Qualcomm S5 Gen 2 Sound platform dan Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform diklaim dapat memberi pengalaman bebas hambatan saat bermain game.

"Kami juga memberi pengalaman terbaik, dengan pelacakan gerakan kepala dan latensi rendah, pengguna dapat bermain game tanpa kendala," lanjut Miller.

Baca juga: Qualcomm Pamer Kecerdasan Snapdragon 8 Gen 2, Bisa Translate ke Dua Bahasa secara Real Time

Qualcomm S5 Gen 2 Sound platform dan Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform juga mendukung Active Noise Cancellation (ANC) generasi ketiga yang membawa fitur anyar yakni Adaptive Transparency.

Dengan fitur ini, ANC bisa berubah secara mulus ke mode sounding leak-through saat pengguna mendengar suara di sekitar. Qualcomm S5 Gen 2 Sound platform dan Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform juga diklaim menggunakan daya yang rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.