Kompas.com - 17/11/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Qualcomm baru-baru ini resmi mengumumkan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Chip ini menjadi produk baru perusahaan untuk menyokong perfoma smartphone kelas tinggi (flagship).

Dalam pengumuman chip baru tersebut, Qualcomm mengeklaim bahwa sejumlah perusahaan akan mengadopsi Snapdragon 8 Gen 2 pada ponselnya termasuk iQoo, Motorola, OnePlus, Xiaomi dan lainnya.

Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun sudah mengonfirmasi bahwa flagship Xiaomi akan "diotaki" chip teranyat Qualcomm itu. Bahkan, Lei Jun juga sesumbar smartphone Xiaomi bakal jadi ponsel pertama yang mengadopsi Snapdragon 8 Gen 2.

Hal ini disampaikan Lei Jun melalui akun pribadinya di situs media sosial China, Weibo.

"Flagship baru Xiaomi akan menjadi yang pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2. Inilah saatnya software dan hardware berkoordinasi menciptakan performa dan pengalaman yang andal," kata Lei Jun, dikutip KompasTekno dari Weibo via Gizchina.

Baca juga: Ponsel Misterius Xiaomi Muncul di TKDN Indonesia, Redmi 11A?

Eksekutif Xiaomi itu tak merinci seri ponsel apa yang akan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2. Namun, kuat dugaan ponsel yang dimaksud adalah Xiaomi 13, suksesor dari Xiaomi 12 yang dirilis perusahaan Desember tahun lalu.

Serupa dengan Xiaomi 12, Xiaomi 13 juga diyakini bakal rilis akhir tahun ini.

Rumor yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa Xiaomi 13 dipercaya memakai Snapdragon 8 Gen 2. Rumor ini bahkan mencuat sebelum chipset tersebut dirilis resmi.

Snapdragon 8 Gen 2 sendiri diluncurkan dengan arsitektur baru 1+2+2+3. Dengan model tersebut chip ini memiliki CPU 8 core (inti) di antaranya inti Cortex-X3 dengan clockspeed 3,2 GHz, empat inti Cortex-A715 2,8 GHz dan tiga inti Cortex-A510 pada clockspeed 2,0 GHz.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 13

Xiaomi 13 diyakini rilis dalam dua model, meliputi model "reguler" dan model Pro. Xiaomi 13 Pro sendiri bakal jadi model tertinggi dengan dukungan spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang model reguler.

Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.