Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13 Digadang Jadi Ponsel Pertama dengan Chip Snapdragon 8 Gen 2

Kompas.com - 17/11/2022, 16:04 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Qualcomm baru-baru ini resmi mengumumkan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Chip ini menjadi produk baru perusahaan untuk menyokong perfoma smartphone kelas tinggi (flagship).

Dalam pengumuman chip baru tersebut, Qualcomm mengeklaim bahwa sejumlah perusahaan akan mengadopsi Snapdragon 8 Gen 2 pada ponselnya termasuk iQoo, Motorola, OnePlus, Xiaomi dan lainnya.

Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun sudah mengonfirmasi bahwa flagship Xiaomi akan "diotaki" chip teranyat Qualcomm itu. Bahkan, Lei Jun juga sesumbar smartphone Xiaomi bakal jadi ponsel pertama yang mengadopsi Snapdragon 8 Gen 2.

Hal ini disampaikan Lei Jun melalui akun pribadinya di situs media sosial China, Weibo.

"Flagship baru Xiaomi akan menjadi yang pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2. Inilah saatnya software dan hardware berkoordinasi menciptakan performa dan pengalaman yang andal," kata Lei Jun, dikutip KompasTekno dari Weibo via Gizchina.

Baca juga: Ponsel Misterius Xiaomi Muncul di TKDN Indonesia, Redmi 11A?

Eksekutif Xiaomi itu tak merinci seri ponsel apa yang akan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2. Namun, kuat dugaan ponsel yang dimaksud adalah Xiaomi 13, suksesor dari Xiaomi 12 yang dirilis perusahaan Desember tahun lalu.

Serupa dengan Xiaomi 12, Xiaomi 13 juga diyakini bakal rilis akhir tahun ini.

Rumor yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa Xiaomi 13 dipercaya memakai Snapdragon 8 Gen 2. Rumor ini bahkan mencuat sebelum chipset tersebut dirilis resmi.

Snapdragon 8 Gen 2 sendiri diluncurkan dengan arsitektur baru 1+2+2+3. Dengan model tersebut chip ini memiliki CPU 8 core (inti) di antaranya inti Cortex-X3 dengan clockspeed 3,2 GHz, empat inti Cortex-A715 2,8 GHz dan tiga inti Cortex-A510 pada clockspeed 2,0 GHz.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 13

Xiaomi 13 diyakini rilis dalam dua model, meliputi model "reguler" dan model Pro. Xiaomi 13 Pro sendiri bakal jadi model tertinggi dengan dukungan spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang model reguler.

Ponsel ini, menurut bocoran dari tipster (pembocor spesifikasi gadget) Yogesh Brar, akan didukung RAM mulai dari 8 GB hingga 12 GB serta penyimpanan sampai 512 GB.

Xiaomi 13 Pro disebut akan mengusung tiga kamera belakang. Ketiganya memiliki resolusi yang sama, masing-masing 50 MP terdiri dari kamera utama, ultrawide, dan telefoto. Akan tetapi, sensor yang digunakan pada masing-masing kamera berbeda.

Sensor kamera utamanya disebut sama dengan Xiaomi 12S Ultra, yaitu sensor 1 inci Sony IMX989.

Bagian punggung Xiaomi 12S Ultra dihuni oleh tiga sensor kamera dan dua buah lampu LED.XDA Developers Bagian punggung Xiaomi 12S Ultra dihuni oleh tiga sensor kamera dan dua buah lampu LED.

Xiaomi 13 Pro disebut akan memiliki kamera depan dengan resolusi 32 MP. Ponsel ini kabarnya juga akan dibekali dengan pengaturan warna hasil kolaborasi Xiaomi dengan produsen lensa kenamaan, Leica.

Baca juga: Bocoran Tampang Xiaomi 13, Bawa Desain Flat Ala iPhone 14

Selain itu, Xiaomi 13 Pro juga akan ditenagai chip pencitraan Surge C2. Bocoran lainnya adalah Xiaomi 13 Pro bakal ditopang baterai 4.800 mAh disertai dukungan fast charging 120 watt. Sementara sistem operasinya didukung Android 13 dan antarmuka MIUI 14.

Xiaomi sendiri belum memberikan bocoran desain maupun spesifikasi dari Xiaomi 13. Jadi, kepastian spesifikasinya akan diketahui saat Xiaomi 13 resmi dirilis perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com