Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Game yang Bisa Ray Tracing di HP Snapdragon 8 Gen 2

Kompas.com - 17/11/2022, 17:00 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

HAWAII, KOMPAS.com - Qualcomm membekali chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, dengan teknologi ray tracing. Teknologi ini membuat video game tampak lebih realistis, dengan memanfaatkan efek pencahayaan di dalam game.

Pemanfaatan teknologi ini contohnya saat menampilkan bayangan atau refleksi objek ketika berada di sebuah air. Atau contoh lain adalah ketika game menampilkan api dalam permainan. Bentuk dan cahaya api tersebut akan terkesan lebih nyata.

Menurut Senior Director Technology, Snapdragon Studios Qualcomm Technologies, Todd Lemoinne, Qualcomm memang ingin membawa pengalaman yang berbeda ke saat gamer memainkan game mobile di perangkat dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Perusahaan bahkan ingin membawa pengalaman game AAA atau triple A dari laptop ke smartphone menggunakan teknologi ray tracing ini.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 Punya Ray Tracing, Bawa Pengalaman Game AAA Laptop ke HP

Teknologi ray tracing yang dibawa chipset Snapdragon 8 Gen 2, dihasilkan dari hardware khusus, bukan memanfaatkan software.

Karena memanfaatkan hardware dan bukan melalui software khusus yang perlu modifikasi, ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2 diklaim akan dapat dioptimalkan dengan lebih mudah oleh para pengembang game mobile.

"Tidak perlu waktu lama bagi pengembang, untuk memanfaatkan teknologi di chipset terbaru ini," kata Todd di sesi presentasi di Maui, Hawaii, Kamis (17/11/2022).

Nah, saat ini menurut Todd, ada sekitar 30 judul game anyar yang tengah digarap, yang dioptimasi untuk ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2. Ketiga puluh game itu digarap menggunakan Unreal Engine 5.

Todd pun memberi sedikit bocoran beberapa judul game yang akan berjalan optimal menggunakan teknologi ray tracing Snapdragon 8 Gen 2. Game tersebut adalah:

  • Rainbox Six Mobile
  • War Thunder Edge
  • Justice Mobile
  • Fortnite

Todd mengatakan game di atas akan dirilis pada 2023 mendatang.

Rainbow Six Mobile tampak mengusung gameplay 5 lawan 5 yang serupa dengan Tom Clancy’s Rainbow Six Siege. Setiap tim juga akan dibagi menjadi dua kubu yang berbeda, yakni Attacker dan Defender.

Baca juga: Begini Tampilan Game Lawas GTA III jika Digarap dengan Unreal Engine 5

Sementara War Thunder Edge adalah game tembak menembak battle royale namun menggunakan tank.

Kemudian Justice Mobile adalah game bertema kolosal besutan NetEase. Sedangkan I adalah game battle royale populer yang juga hadir di perangkat Android.

Meski sudah lama dirilis, aspek visual dalam game ini juga diklaim akan tampak lebih cantik menggunakan teknologi ray tracing.

Kendati demikian, saat ditanya soal potensi panas berlebih ketika ray tracing menyala saat bermain game, Todd sendiri tidak menjawab secara jelas. Ia hanya menekankan bahwa ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2 mengedepankan efisiensi daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com