Kompas.com - 17/11/2022, 17:49 WIB

HAWAII, KOMPAS.com - Dalam ajang tahunan Snapdragon Summit 2022 yang digelar di Hawaii, Qualcomm mengumumkan tengah menggarap sebuah CPU baru untuk jajaran perangkat bertenaga chipset Snapdragon, termasuk PC dan smartphone.

CPU tersebut bernama Qualcomm Oryon dan dijadwalkan hadir pada 2023 mendatang. Meski telah diperkenalkan, Qualcomm belum memberikan banyak rincian terkait CPU ini.

Kemungkinan besar CPU tersebut akan menggantikan Kryo yang saat ini digunakan Qualcomm di jajaran Snapdragon sejak 2015.

Di atas panggung Snapdragon Summit 2022, SVP Engineering Qualcomm Technologies, Gerard Williams, tidak berbicara banyak soal rincian CPU ini. Dia hanya menekankan bahwa CPU ini akan hadir di berbagai perangkat mulai tahun depan.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Gen 2, Chip Flagship untuk HP Android Teratas

"Qualcomm Oryon akan diintegrasikan di seluruh portofolio produk bertenaga Snapdragon mulai dari PC dan termasuk smartphone, Advanced Driver Assistance Systems, extended reality, hingga jaringan infrastruktur," kata Gerrard.

Selama ini, CPU di chipset buatan Qualcomm dibangun berbasiskan desain arsitektur mikroprosesor ARM. Dengan kehadiran CPU Oryon ini Qualcomm tampaknya ingin mengurangi ketergantungan terhadap ARM.

CPU Oryon hadir setelah Qualcomm mengakuisisi Nuvia, startup chip rintisan yang didirikan trio perancang chip Apple, yaitu Manu Gulati, John Bruno, dan Gerard Williams.

Qualcomm tidak memberikan informasi rinci kapan CPU Oryon bakal dirilis. Namun, chipset Snapdragon hingga saat ini masih menggunakan CPU berbasis ARM.

Meluncurkan Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm sebelumnya sudah lebih dulu mengumumkan chipset Snapdragon teranyar, yakni Snapdragon 8 Gen 2, pada Selasa (15/11/2022) di acara yang sama. Snapdragon 8 Gen 2 diklaim lebih bertenaga dan efisien dibanding pendahulunya.

GPU Adreno di Snapdragon 8 Gen 2, disebut Qualcomm, 25 persen lebih bertenaga dan CPU Kryo diklaim 40 persen lebih efisien. Snapdragon 8 Gen 2 juga mengunggulkan sektor kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.