Kompas.com - Diperbarui 18/11/2022, 06:43 WIB

KOMPAS.com - Pengguna iPhone mengeluhkan perangkat mereka error ketika mengetik beberapa kombinasi tiga huruf di peramban (browser) Safari.

Sejumlah pengguna melaporkan iPhone mereka mendadak hang ketika mengetik salah satu dari beberapa kata “bes”, “wal”, “tar”, “wel”, “old”, “sta”, dan “pla” di address bar (baris alamat) ketika menggunakan Google sebagai mesin pencarian di Safari secara default.

Bisa jadi, pengguna mencoba mengetikkan beberapa brand tertentu di Safari, seperti Walmart, Strabucks, atau Best. Beberapa pengguna Twitter melaporkan masalah ini dengan menyertakan video tangkapan layar bagaimana error terjadi.

"@AppleSupport halo, saya punya masalah aneh di iPhone 14 baru saya dan iPhone 14 milik ibu saya. Ketika kami mau mengetik "Walmart" yang dimulai dengan huruf "Wal" di mesin pencarian ponsel, tiba-tiba Safari menutup sendiri," tulis akun ini.

Pengguna lain juga melaporkan Safari di iPhone miliknya mendadak hang ketika mengetik "bes" di address bar dengan fitur suggestion (saran kata) di Safari diaktifkan. Masalah serupa juga dialami pengguna iPhone dengan handle @aamirlakhani.

Baca juga: Mengapa Apple Menjual Jajaran iPhone Terbaru Tanpa Charger?

“Apa ada dari kalian yang mengalami error pada iPhone atau Safari (yang mendadak) keluar saat mengetik (huruf) “bes” di kolom pencarian (peramban) Safari? (Ponsel menjalankan OS) iOS 16.1.1 #iPhone #iOS16,” tulisnya.

Keluhan lainnya juga disampaikan oleh editor gadget dari media asing 9to5Macdi Twitter dengan handle @ChanceHMiller. Dia menggungah twit beserta video dari layar ponselnya. Permasalahan serupa muncul saat Miller membuka Safari dan mengetik huruf "web" di baris alamat.

Menurut laporan Mac Rumors, bug ini dialami iPhone yang menjalankan versi iOS 15.7.1, ‌iOS 16‌, iOS 16.1, iOS 16.1.1, dan iOS 16.2 versi beta. Ada beberapa dugaan sumber masalah Safari hang ini.

Menurut laporan Giz China, ada kemungkinan masalah ini berkaitan dengan mesin pencarian Google yang aktif secara default di peramban Safari. Sebab, ketika membuka search engine lain di Safari, masalah ini tidak ditemukan.

Kendati demikian, ada dugaan bahwa bug ini disebabkan oleh fitur suggestion yang menyarankan beberapa prediksi kata yang akan diketikan pengguna. Ada indikasi bahwa bug ini berada di sisi server, sehingga Apple bisa memperbaikinya segera tanpa merilis pembaruan software.

Baca juga: 4 Penyebab Jaringan Seluler iPhone Tidak Ada Layanan atau “No Service”

Menurut pembaruan informasi dari Mac Rumors, seperti yang dirangkum KompasTekno Kamis (17/11/2022), Apple sudah memperbaiki bug di Safari ini. Namun, belum diketahui apa penyebabnya dan mengapa hanya kombinasi huruf tertentu di Safari yang menyebabkan iPhone hang.

Masalah ini dilaporkan hanya dialami pengguna iPhone yang berlokasi di California dan Florida, Amerika Serikat. Sehingga pengguna iPhone di negara lain, kemungkinan tidak terdampak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.