Kompas.com - 18/11/2022, 08:46 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Riset terbaru dari firma penyedia layanan password manager, Nordpass, mengungkap bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menggunakan kata sandi (password) dengan kombinasi "123456".

Dari sekian banyak data yang mereka riset, yang total database-nya mencapai 3 TB, password 123456 sudah digunakan sebanyak 5.742 kali di Indonesia. 

Menurut Nordpass, password semacam itu mudah ditebak karena hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk diretas.

Kata sandi kedua yang paling banyak digunakan adalah "@Nandar001" yang dipakai sebanyak 2.191 kali.

Belum diketahui apa atau siapa sebenarnya "Nandar" ini sehingga begitu populer dan dipakai banyak orang di Indonesia.

Yang jelas, Nordpass mengeklaim akun dengan kata sandi seperti itu lebih sulit diretas dari password 123456 tadi, lantaran membutuhkan waktu sekitar 4 hari.

Baca juga: Ciri-ciri Password yang Mudah Ditebak Menurut Google

Meski kata sandi Nandar001 mungkin terdengar asing di telinga, kata sandi populer lainnya yang sering dipakai di Indonesia bisa dibilang tetap memiliki kombinasi yang mudah ditebak.

Pasalnya, kata sandi dengan kombinasi "12345678", "123456789", dan "password" melengkapi daftar lima besar untuk daftar kata sandi yang paling banyak dipakai di Indonesia versi Nordpass.

Berdasarkan data Nordpass, masing-masing dari tiga kata sandi ini, secara berurutan, dipakai sekitar 1.359, 1.206, dan 943 kali di Indonesia.

Ketiga kata sandi ini juga mudah diretas lantaran hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik, sama seperti password 123456 tadi.

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi di PC dan Laptop Windows

Halaman:
Sumber NordPass


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.