Kompas.com - 18/11/2022, 09:27 WIB

KOMPAS.com - YouTube mengumumkan durasi musik yang dijadikan latar suara di YouTube Shorts akan segera diperpanjang dari 15 detik menjadi 60 detik.

Kreator juga dapat melakukan “remix” dan menggunakan sampel suara dari konten lain selama 60 detik.

Sebelumnya, bila kreator ingin menambahkan latar musik dan melakukan remix, musik latar/audio yang ditambahkan di Shorts hanya berdurasi 15 detik saja, meski video Shorts bisa mencapai 60 detik.

Update ini memungkinkan kreator bisa lebih fleksibel dalam berkreasi dengan konten-konten yang dibuatnya di masa mendatang.

Baca juga: Kreator YouTube Shorts Bisa Dapat Uang dari Iklan Mulai 2023

Oleh karena itu, dalam beberapa minggu mendatang, konten kreator akan melihat opsi tambahan saat ingin menambahkan musik latar (backsound) ke video mereka di aplikasi YouTube berbasis mobile (Android dan iOS) secara global.

Akan tetapi, rencana tersebut tampaknya ada kendala. Sebab beberapa lagu di YouTube memiliki batasan durasi, karena adanya pembatasan lisensi yang berkelanjutan, yaitu maksimal berdurasi 30 detik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan lain seperti TikTok kerap melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan pemegang hak cipta, seperti pemilik label musik, distributor, dan penerbit sebelum memasukkan lagu tersebut ke TikTok.

Nah, belum diketahui apakah YouTube sudah melakukan kesepakatan bersama dengan mitra musiknya atau tidak, karena perusahaan tidak memberi komentar lanjutan.

Hanya saja bila merujuk pada pernyataan perusahaan, dikatakan bahwa sebagian besar lagu di daftar lagu yang tersedia akan memiliki durasi maksimum selama 60 detik (1 menit).

Namun, perlu dicatat adanya perubahan durasi durasi atau suara yang ditambahkan tidak mengubah durasi maksimum dari konten Shorts. Konten Shorts tidak diperpanjang dan tetap memiliki durasi maksimal selama 60 detik.

Baca juga: YouTube Music dan Premium Makin Laris, tapi Belum Bisa Salip Spotify

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.