Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat "Foto Bareng" Dua Pebalap Ferrari di Acara Peluncuran Snapdragon 8 Gen 2...

Kompas.com - 18/11/2022, 10:05 WIB
Yudha Pratomo,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

HAWAII, KOMPAS.com - Qualcomm menggelar acara Snapdragon Summit 2022 untuk meluncurkan chipset anyarnya, Snapdragon 8 Gen 2 pada 15 November lalu. Ada pengalaman unik saat hendak masuk ke area utama peluncuran chipset terkuat Qualcomm itu.

Di depan pintu masuk ruangan tempat peluncuran, terpajang sebuah benda unik berukuran lebih besar dari rata-rata kulkas satu pintu, serta memiliki layar yang luas.

Benda itu ternyata alat yang berfungsi sebagai "photoboot" (bilik foto) untuk "foto bareng" dengan dua pebalap Scuderia Ferrari secara virtual.

Dengan alat tersebut, pengunjung Snapdragon Summit 2022 bisa berpose bersama kedua pebalap. Alat itu terlihat seperti menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menghadirkan dua pebalap secara virtual untuk foto bersama.

Namun, menurut penyelenggara, alat itu tidak menggunakan AR, melainkan hanya menggunakan teknik penggabungan foto yang sederhana, seperti sebuah green screen.

Baca juga: Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 2, Chipset Terkuat Qualcomm Saat Ini

Di samping kotak tersebut, terdapat sebuah kamera kecil untuk mengambil foto diri yang ditampilkan di layar. Jarak sekitar lima langkah dari kamera tersebut, terdapat tanda silang sebagai penunjuk posisi yang tepat.

Pengunjung bisa memilih untuk "berfoto" dengan dua pebalap Ferrari yakni Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr sekaligus atau hanya salah satu dari mereka.

Pengunjung juga kemudian bisa menentukan seperti apa pose yang diinginkan.

Pengunjung bisa memilih pose yang diinginkan untuk foto bareng dua pebalap Ferrari.Kompas.com/Yudha Pratomo Pengunjung bisa memilih pose yang diinginkan untuk foto bareng dua pebalap Ferrari.

"Foto ini kemudian digabungkan dengan yang sudah ada di dalam alat. Jadi hanya teknik penggabungan foto biasa," kata penyelenggara.

Foto yang dihasilkan bisa dikirim ke handphone melalui sambungan WiFi.

Pengalaman "foto bareng" ini disediakan Qualcomm atas kerja sama dengan Ferrari yang dijalin sejak Februari lalu.

Baca juga: Qualcomm S5 Gen 2 dan S3 Gen 2 Diluncurkan, Platform Audio Bluetooth Generasi Kedua

Menurut Qualcomm, kolaborasi ini dibuat untuk membantu Ferrari mempercepat transformasi digital. Qualcomm berperan menyediakan solusi teknologi di mobil-mobil Ferrari, termasuk tim Formula 1 Scuderia Ferrari dan tim e-sports Ferrari.

Ferrari juga dapat memanfaatkan Snapdragon Digital Chassis sebagai teknologi di mobil. Qualcomm Technologies dan mitranya juga akan bekerja sama dengan Ferrari untuk merancang, mengembangkan, dan mengintegrasikan kokpit digital Ferrari.

Selain "foto bareng" degan pebalap Ferrari, Qualcomm juga memberikan souvenir berupa topi hitam dengan logo klub sepak bola papan atas asal Inggris, Manchester United (MU). Topi itu menjadi simbol kerja sama antara Qualcomm dan MU yang diumumkan sejak Agustus lalu.

Topi ini dibagikan secara cuma-cuma ke seluruh partisipan Snapdragon Summit. Tampilan topi Qualcomm-MU bisa dilihat di artikel "Qualcomm Bagi-bagi Topi Manchester United di Peluncuran Snapdragon 8 Gen 2, Ada Apa?".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com