Fitur Direktori WhatsApp Business Hadir di Indonesia, Toko di WA Makin Gampang Dicari

Kompas.com - 18/11/2022, 10:11 WIB

KOMPAS.com - Induk Facebook, WhatsApp, Instagram Meta meluncurkan sebuah fitur baru di Indonesia yang bernama Direktori WhatsApp Business.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna WhatsApp (WhatsApp dan WhatsApp Business) mencari berbagai toko di sekitar mereka, yang tentunya memiliki akun WhatsApp Business, berdasarkan kategorinya.

Sebelumnya, pencarian toko yang memiliki akun WhatsApp Business hanya bisa dilakukan melalui nama tokonya saja, bukan berdasarkan lokasi atau kategori.

Menurut Meta, fitur Direktori WhatsApp Business hadir untuk mempermudah pengguna mencari toko-toko yang belum mereka ketahui di WhatsApp, atau di sekitar mereka, berdasarkan namanya.

"Fitur ini akan menghemat waktu seseorang dalam mencari sebuah toko, dibandingkan mereka harus mencari suatu toko berdasarkan nomor telepon yang ada di internet atau daftar kontak mereka," tulis Meta, dikutip KompasTekno dari laman AboutFB, Jumat (18/11/2022).

Baca juga: Fitur WhatsApp Business Search Segera Meluncur, Indonesia Kebagian Lebih Awal

Dengan Direktori WhatsApp Business, pengguna nantinya bisa mengaktifkan fitur lokasi dan melihat toko-toko apa saja yang ada di sekitar mereka, atau di suatu wilayah, berdasarkan kategorinya.

Ilustrasi layanan Direktori WhatsApp Business.Meta Ilustrasi layanan Direktori WhatsApp Business.

Kategori-kategori toko ini bervariasi mencakup restoran, supermarket, toko baju, bengkel motor/mobil, dan lain sebagainya.

Pengguna juga bisa melihat nama-nama toko terpercaya (verified) yang ada di sekitar mereka secara langsung di dalam tampilan peta di Direktori WhatsApp Business, sebagaimana ilustrasi gambar sebelah kanan di atas.

Selain berdasarkan kategori, pengguna juga nantinya bisa menyortir toko-toko yang memiliki akun WhatsApp Business berdasarkan jam buka, katalog, hingga jarak toko dari lokasi mereka saat ini.

Baca juga: Fitur Polling WhatsApp Hadir bagi Pengguna Indonesia

Pantauan KompasTekno Jumat pagi, fitur ini tampaknya belum bisa kami coba. Namun, hal ini masih terbilang wajar karena fitur-fitur baru WhatsApp biasanya bisa digunakan beberapa jam atau hari setelah diumumkan secara resmi.

Namun ketika sudah tersedia, fitur Direktori WhatsApp Business nantinya bisa digunakan dengan cara mengeklik ikon "Pesan baru" yang terletak di pojok kanan bawah tampilan utama WhatsApp/WhatsApp Business. 

Lalu, pengguna tinggal memilih menu "Businesses" atau "Bisnis", mengizinkan aplikasi menggunakan fitur lokasi, serta mulai mencari toko berdasarkan kata kunci, kategori, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber About FB


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.