Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Direktori WhatsApp Business Hadir di Indonesia, Toko di WA Makin Gampang Dicari

Kompas.com - 18/11/2022, 10:11 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber About FB

KOMPAS.com - Induk Facebook, WhatsApp, Instagram Meta meluncurkan sebuah fitur baru di Indonesia yang bernama Direktori WhatsApp Business.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna WhatsApp (WhatsApp dan WhatsApp Business) mencari berbagai toko di sekitar mereka, yang tentunya memiliki akun WhatsApp Business, berdasarkan kategorinya.

Sebelumnya, pencarian toko yang memiliki akun WhatsApp Business hanya bisa dilakukan melalui nama tokonya saja, bukan berdasarkan lokasi atau kategori.

Menurut Meta, fitur Direktori WhatsApp Business hadir untuk mempermudah pengguna mencari toko-toko yang belum mereka ketahui di WhatsApp, atau di sekitar mereka, berdasarkan namanya.

"Fitur ini akan menghemat waktu seseorang dalam mencari sebuah toko, dibandingkan mereka harus mencari suatu toko berdasarkan nomor telepon yang ada di internet atau daftar kontak mereka," tulis Meta, dikutip KompasTekno dari laman AboutFB, Jumat (18/11/2022).

Baca juga: Fitur WhatsApp Business Search Segera Meluncur, Indonesia Kebagian Lebih Awal

Dengan Direktori WhatsApp Business, pengguna nantinya bisa mengaktifkan fitur lokasi dan melihat toko-toko apa saja yang ada di sekitar mereka, atau di suatu wilayah, berdasarkan kategorinya.

Ilustrasi layanan Direktori WhatsApp Business.Meta Ilustrasi layanan Direktori WhatsApp Business.

Kategori-kategori toko ini bervariasi mencakup restoran, supermarket, toko baju, bengkel motor/mobil, dan lain sebagainya.

Pengguna juga bisa melihat nama-nama toko terpercaya (verified) yang ada di sekitar mereka secara langsung di dalam tampilan peta di Direktori WhatsApp Business, sebagaimana ilustrasi gambar sebelah kanan di atas.

Selain berdasarkan kategori, pengguna juga nantinya bisa menyortir toko-toko yang memiliki akun WhatsApp Business berdasarkan jam buka, katalog, hingga jarak toko dari lokasi mereka saat ini.

Baca juga: Fitur Polling WhatsApp Hadir bagi Pengguna Indonesia

Pantauan KompasTekno Jumat pagi, fitur ini tampaknya belum bisa kami coba. Namun, hal ini masih terbilang wajar karena fitur-fitur baru WhatsApp biasanya bisa digunakan beberapa jam atau hari setelah diumumkan secara resmi.

Namun ketika sudah tersedia, fitur Direktori WhatsApp Business nantinya bisa digunakan dengan cara mengeklik ikon "Pesan baru" yang terletak di pojok kanan bawah tampilan utama WhatsApp/WhatsApp Business. 

Lalu, pengguna tinggal memilih menu "Businesses" atau "Bisnis", mengizinkan aplikasi menggunakan fitur lokasi, serta mulai mencari toko berdasarkan kata kunci, kategori, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber About FB
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com