Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candy Crush Sudah 10 Tahun, 200 Juta Orang yang Masih Main Game Ini

Kompas.com - 18/11/2022, 10:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game populer Candy Crush Saga merayakan ulang tahun yang ke-10 pada 14 November 2022. Game ini dirilis pertama kali oleh pengembang King pada 2012, dan menjadi game pertandingan bergenre kasual yang paling banyak di-download sepanjang masa.

Para pemain Candy Crush tentu mengetahui bahwa dalam memainkan game tersebut ada ratusan ribu hingga triliunan level yang tersedia sejak permainan tersebut dirilis.

Meskipun tampaknya game tersebut sulit diselesaikan, karena setiap level memiliki tantangannya masing-masing, tetapi nyatanya game tersebut tetap menarik perhatian banyak orang, dan telah dimainkan di tujuh benua yang berbeda, termasuk Antartika.

Baca juga: Seorang Pemain Candy Crush Habiskan Rp 37 Juta dalam Sehari

Tidak sampai di sana, pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) Candy Crush juga tergolong masih tinggi mengingat umurnya yang sudah 10 tahun, yaitu sebanyak 200 juta.

Hingga saat ini, Candy Crush telah menjadi franchise game terlaris di toko apikasi resmi wilayah Amerika Serikat pada kuartal III-2022.

Dilansir KompasTekno dari PR Newswire, Jumat (18/11/2022), game populer tersebut telah diunduh sebanyak tiga miliar kali dan telah menjadi “fenomena global”, khususnya di industri game.

“Saya sangat bangga dengan tim dan pekerjaan yang telah dilakukan mereka untuk mencapai kesuksesan ini. Kami memberikan perhatian dan (mencurahkan) segala keahlian untuk menciptakan game yang bisa dinikmati oleh begitu banyak orang di dunia,” ujar Presiden King, Tjodolf Sommestad.

Sommestad juga berkomitmen akan membuat dunia saat ini bisa lebih menyenangkan di masa mendatang dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Chief Executive Officer Activision Blizzard (pemilik King), Bobby Kotick juga memberikan apresiasi terhadap kinerja tim yang selama ini bekerja keras untuk mengembangkan game Candy Crush sampai sekarang.

Baca juga: Pembuat Candy Crush Resmi Jadi Perusahaan Publik

"Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa tim kami yang luar biasa dan para pemain kami yang berdedikasi, untuk menjadikan (Candy Crush sebagai) permainan ikonik seperti sekarang ini,” jelas Kotick.

Game Candy Crush selanjutnya akan diberi sejumlah pembaruan dalam game yang lebih menarik. Misalnya, menambahkan 12 track audio baru yang dapat dinikmati para pemain.

Lagu-lagu tersebut merupakan suara orkestra langsung yang direkam di Abbey Road Studios, London, Inggris. Tujuannya untuk meningkatkan mood dan suasana agar pemain bisa “tenggelam saat bermain Candy Crush.

Selain itu karakter dalam permainan juga akan dibuat lebih beranimasi dibanding sebelumnya dan pembaruan ikon pada licorice, agar tampilan dan pengalaman yang ditawarkan bisa tampak lebih segar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com