Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai iPhone Tak Bisa Buat Story IG Pakai Kamera Depan-Belakang, Benarkah HDC?

Kompas.com - 18/11/2022, 13:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, ramai perbincangan warganet di Twitter dengan bahasan mengenai iPhone yang tak bisa buat video Story Instagram (IG) menggunakan kamera depan dan belakang secara bergantian (switch), disebut sebagai iPhone HDC.

Perbincangan bermula dari unggahan twit dari akun base dengan handle @tanyakanrl, yang menanyakan ke pengguna lain apakah mengalami masalah serupa, yakni iPhone tidak bisa membuat Story IG pakai kamera depan-belakang.

Baca juga: Apakah iPhone Bisa Dicas Semalaman? Begini Penjelasannya

Selain bertanya, twit itu juga dilampirkan tangkapan layar video TikTok sebagai sumber dari pertanyaannya. Adapun video TikTok yang dilampirkan tersebut diketahui adalah milik akun dengan handle @dandi pradita. Isinya bisa dilihat pada cuplikan di bawah ini.

@dandi_pradita Ayo yg merasa hp nya iphone coba bisa ga bikin story depan belakang #danskuy #threborn ? Oh No - Kreepa

Di video TikTok itu, terdapat seorang pengguna tengah meminta dua pengguna lain, yang tampak menggunakan iPhone, untuk membuat Story IG pakai kamera depan-belakang.

Setelah melakukan perekaman, iPhone yang dipakai oleh dua pengguna lain itu hasilnya tidak bisa menampilkan video Story IG dari sudut pandang kamera depan dan belakang secara bergantian.

Story IG hanya bisa menampilkan video dari satu sudut pandang kamera, padahal telah dibuat menggunakan kamera depan dan belakang secara bergantian. Kemudian, si pengguna mengatakan iPhone milik dua pengguna lain tersebut adalah iPhone HDC.

Video TikTok itu tampaknya mengundang cukup banyak respons dari warganet. Tak sedikit warganet yang melaporkan bila iPhone mereka juga tidak bisa membuat Story IG pakai kamera depan-belakang, seperti yang ditunjukkan di video TikTok milik @dandi pradita.

Lantas, apakah benar iPhone yang tidak bisa membuat Story IG pakai kamera depan-belakang secara bergantian adalah iPhone HDC?

Untuk diketahui terlebih dahulu, iPhone HDC (High Detailed Copy) merupakan ponsel tiruan iPhone yang bukan diproduksi oleh Apple, biasanya disebut juga sebagai iPhone KW atau abal-abal. Secara bentuk, iPhone HDC bisa dibilang mirip dengan iPhone asli Apple.

Namun, komponen hardware dan software yang dipakai sebetulnya berbeda. iPhone HDC tidak memakai komponen hardware yang diproduksi oleh Apple. Untuk software-nya, iPhone HDC dibekali dengan sistem operasi Android, bukan iOS seperti di iPhone asli Apple.

Baca juga: Cara Membedakan iPhone Palsu, Refurbished, dan Rekondisi

Dengan kondisi ini, tak bisa diketahui secara pasti apakah iPhone HDC bisa atau tidak digunakan untuk membuat Story IG pakai kamera depan-belakang. Namun, dalam kondisi normal, iPhone asli Apple pada dasarnya bisa dipakai untuk melakukan hal itu.

Persoalan mengenai iPhone yang tidak bisa membuat Story IG pakai kamera depan-belakang secara bergantian, tampaknya bukan disebabkan karena faktor iPhone tersebut asli atau HDC.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan KompasTekno, masalah iPhone tidak bisa membuat Story IG pakai kamera depan-belakang cenderung lebih disebabkan karena terdapat bug pada aplikasi Instagram itu sendiri.

Aplikasi Instagram versi 260.1 yang digunakan KompasTekno di iPhone 12 dengan iOS 16.1.1, pada Rabu lalu (16/11/2022), sempat tidak bisa membuat video Story IG pakai kamera depan-belakang secara bergantian seperti yang ramai dibicarakan warganet.

Setelah versi aplikasi Instagram diperbarui ke 261.0, iPhone kembali dapat membuat video Story IG pakai kamera depan-belakang. Story IG bisa menayangkan video dengan sudut pandang dari kamera depan dan belakang secara bergantian.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com