BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Sebelum Sampai ke Tangan Konsumen, Begini Tahapan Pembuatan Smartphone Berkualitas Tinggi

Kompas.com - 18/11/2022, 16:31 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comSmartphone telah menjadi barang wajib bagi sebagian orang. Pasalnya, perangkat ini dapat menunjang berbagai kebutuhan, mulai dari komunikasi, bekerja, belajar, hingga penyedia hiburan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut, jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai 167 juta pada 2022. Jumlah ini setara dengan 89 persen dari total penduduk.

Sebagai perangkat yang diandalkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen, smartphone pun dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki kualitas terbaik.

Tak sekadar pendesainan dan perakitan, perangkat itu telah melewati proses panjang sebelum sampai ke tangan konsumen.

Dikutip dari laman Show Me Tech, Sabtu (4/12/2021), pembuatan smartphone dimulai dari penelitian dan pengembangan atau research and development (RnD).

Pada fase itu, produsen smartphone melakukan penelitian mengenai kebutuhan pasar, biaya produksi, materi yang digunakan, teknologi yang disematkan, dan harga jual.

Dari hasil RnD, produsen dapat membuat rencana strategis guna memproduksi smartphone berkualitas tinggi dengan harga kompetitif sekaligus menguntungkan bagi bisnis.

Proses produksi Oppo A77s melalui sejumlah tahapan dengan menggunakan Oppo Production System (OPS). Adapun OPS mengadopsi lean manufacturing system yang telah diterapkan oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia.Dok. Oppo Indonesia Proses produksi Oppo A77s melalui sejumlah tahapan dengan menggunakan Oppo Production System (OPS). Adapun OPS mengadopsi lean manufacturing system yang telah diterapkan oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia.

Proses berikutnya adalah manufaktur. Pabrikan bertanggung jawab memberikan nilai tambah pada sebuah produk. Pada tahapan ini, seluruh komponen, mulai dari cip, memori, layar, kamera, sensor, hingga baterai, dirakit hingga menjadi produk utuh.

Baca juga: Intip Proses Produksi Oppo A77s di Pabrik Baru Oppo, Hadirkan Kualitas Tinggi Berstandar Dunia

Demi menghasilkan smartphone berkualitas, produsen akan bekerja sama dengan penyedia komponen terbaik.

Sebagai contoh, salah satu produsen smartphone, Oppo, bekerja sama dengan Qualcomm Technologies dalam pembuatan Oppo A77s. Pada seri ini, Oppo menyematkan system on a chip (SoC) Snapdragon 680 4G yang mendukung kinerja dapur pacu secara maksimal.

Uji kualitas secara ekstrem

Sebelum pengemasan dan pendistribusian hingga ke tangan konsumen, smartphone akan memasuki tahap pengujian kualitas terlebih dulu.

Proses tersebut merupakan tahapan terpenting guna menghasilkan smartphone dengan kualitas terjamin dan tahan lama. Proses ini pun menjadi fokus utama bagi produsen smartphone, khususnya Oppo.

Pada produksi Oppo A77s, misalnya, Oppo melakukan serangkaian tes komprehensif dalam Oppo Enduring Quality. Tes ini merupakan salah satu bentuk komitmen Oppo untuk menyediakan produk terbaik berkualitas tinggi.

“Walaupun termasuk dalam lini kelas menengah, Oppo mengutamakan aspek kualitas dalam proses produksi Oppo A77s,” ujar Public Relation (PR) Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto seperti diberitakan Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Oppo melakukan uji ekstrem dengan menjatuhkan Oppo A77s dari ketinggian satu meter (m) dan 10 sentimeter (cm) ke lantai marmer halus sebanyak 28.000 kali.Oppo Indonesia Oppo melakukan uji ekstrem dengan menjatuhkan Oppo A77s dari ketinggian satu meter (m) dan 10 sentimeter (cm) ke lantai marmer halus sebanyak 28.000 kali.

Selama proses uji Oppo Enduring Quality yang dilakukan di pabrik baru Oppo yang berlokasi di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten, Oppo A77s melalui tahap enam uji utama, yakni uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal.

Selain itu, Oppo A77s juga melewati lima tahapan uji perlindungan berdasarkan lingkungan, lebih dari 130 uji keandalan, dan lebih dari 320 proses uji komprehensif. Semua pengujian ini disesuaikan dengan beragam situasi pemakaian.

Tidak hanya pada smartphone, pengujian ketat itu juga dilakukan pada aksesori, misalnya kabel daya. Untuk menjamin daya tahan dan kekuatan kabel agar tidak mudah putus, Oppo menguji kabel smartphone dengan memberikan beban.

Baca juga: Menilik Punggung Oppo A77s, Serat Kaca yang Serupa Kulit

“Oppo juga melakukan uji tekan pada tombol daya sebanyak 500.000 kali, uji tekan tombol suara sebanyak 150.000 kali, dan uji cabut pasang pada lubang audio 3,5 milimeter (mm) 10.000 kali,” terang Aryo.

Selanjutnya, Oppo juga melakukan uji ekstrem dengan menjatuhkan perangkat dari ketinggian satu meter (m) dan 10 sentimeter (cm) ke lantai marmer halus sebanyak 28.000 kali.

Selain itu, lanjut dia, pihak Oppo juga melakukan uji cabut pasang sebanyak 20.000 kali dan uji ketahanan tekanan hingga 10 kilogram-force (kgf) pada port universal serial bus (USB).

Oppo A77s memiliki ketahanan terhadap tekanan setelah lolos uji tes tekanan sebesar 15 kgfOppo Indonesia Oppo A77s memiliki ketahanan terhadap tekanan setelah lolos uji tes tekanan sebesar 15 kgf

Kemudian, Oppo A77s pun juga telah diuji pada perubahan suhu ekstrem dari minus 40 derajat Celcius ke 75 derajat Celcius hingga 150 kali. Hal ini dilakukan agar perangkat tahan terhadap suhu yang sangat dingin, yakni minus 40 derajat Celcius hingga suhu yang sangat panas, yakni 75 derajat Celcius.

Tahapan uji tersebut juga mengetes ketahanan perangkat terhadap kelembapan udara hingga 95 persen relative humidity (RH).

Tak hanya pada suhu ekstrem, Oppo A77s juga dapat diandalkan pada segala cuaca dengan kelengkapan sertifikasi IP5X dan IPX4. Untuk diketahui, perangkat dengan sertifikasi IP5X dapat tahan terhadap debu, sedangkan IPX4 tahan terhadap cipratan air normal.

Baca juga: Fitur Serba Pertama di Oppo A77s, Ada Anti-korsleting

Selain itu, Oppo A77s juga memiliki ketahanan terhadap tekanan setelah lolos uji tes tekanan sebesar 15 kgf.

Itulah berbagai tahapan produksi smartphone berkualitas tinggi dan tahan lama Oppo A77s yang dibuat secara khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Untuk merasakan keandalan dari smartphone tersebut, kamu bisa memesan Oppo A77s secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka di Tanah Air, Oppo Gallery, Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai Oppo A77s, silakan klik tautan berikut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com