Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Samsung, Oppo, Xiaomi, dan iQoo soal Chip Snapdragon 8 Gen 2

Kompas.com - 18/11/2022, 17:16 WIB
Yudha Pratomo,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

HAWAII, KOMPAS.com - Chipset flagship terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 2, resmi diperkenalkan pada Selasa (15/11/2022) waktu Amerika Serikat.

Snapdragon 8 Gen 2 diklaim lebih bertenaga dan efisien dibanding pendahulunya. GPU Adreno di Snapdragon 8 Gen 2, disebut Qualcomm, 25 persen lebih bertenaga dan CPU Kryo diklaim 40 persen lebih efisien.

Snapdragon 8 Gen 2 juga mengunggulkan sektor kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). AI di Snapdragon 8 Gen 2 disebut akan mendongkrak fungsi kamera serta pemrosesan bahasa. Kemampuan tersebut hadir berkat adanya fitur Snapdragon Smart yang didukung prosesor Qualcomm Hexagon untuk AI.

Dalam peluncuran ini, sejumlah vendor smartphone juga memberikan komentarnya terhadap Snapdragon 8 Gen 2. Mereka adalah Xiaomi, Oppo, iQoo, hingga Samsung.

Baca juga: Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 2, Chipset Terkuat Qualcomm Saat Ini

David Qin, GM Mobile Chip Platform Division Xiaomi, mengatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 2 akan membuka potensi dari flagship baru Xiaomi. David mengatakan, Snapdragon 8 Gen 2 ini memiliki performa tinggi dalam konektivitas dan kecerdasan buatan (AI).

"Software dan hardware dapat berkolaborasi dengan optimal untuk memberi performa terbaik dalam konektivitas, power, dan stabilitas. Dengan kemampuan AI dari Snapdragon 8 Gen 2, fitur AI yang lebih kompleks, sekarang dapat berjalan di perangkat," ungkap David.

Sedikit berbeda dari Xiaomi, vendor smartphone Oppo mengomentari adanya hardware khusus untuk fitur ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2.

Menurut Yizhen (Jane) Tian, Principal Manager of Graphic Products Oppo, Qualcomm dan Oppo telah bekerja sama untuk berbagai fitur, salah satunya ray tracing.

Ray tracing sendiri adalah teknologi pencahayaan yang membuat visual video game tampak lebih nyata.

Yizhen (Jane) Tian, Principal Manager of Graphic Products Oppo mengatakan bahwa Qualcomm dan Oppo telah bekerja sama untuk berbagai fitur, salah satunya ray tracing.Kompas.com/Yudha Pratomo Yizhen (Jane) Tian, Principal Manager of Graphic Products Oppo mengatakan bahwa Qualcomm dan Oppo telah bekerja sama untuk berbagai fitur, salah satunya ray tracing.

"Dibandingkan model sebelumnya, Oppo dan Qualcomm dapat meningkatkan efisiensi ray tracing render sampai lima kali lipat dengan lebih efisien," kata Yizhen di atas panggung peluncuran, dalam ajang Snapdragon Summit 2022 di Hawaii.

Baca juga: Bocoran Game yang Bisa Ray Tracing di HP Snapdragon 8 Gen 2

Dia mengatakan, kolaborasi ini akan membawa pengalaman bermain game ke level berikutnya.

Senada dengan Oppo, Wang Qin, Senior Product Manager Gaming Expreience iQoo turut mengomentari kemampuan ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2.

Menurut Wang, iQoo sendiri memang fokus untuk memberi pengalaman gaming yang lebih lanjut. Oleh karena itu, aspek visual menjadi prioritas utama.

"Snapdragon 8 Gen 2 yang memiliki hardware khusus untuk ray tracing di perangkat mobile, membawa platform yang luar biasa kepada pengembang," ungkap Wang.

Ray tracing, menurut Wang, dapat memberi tampilan cahaya dan efek bayangan yang luar biasa dibandingkan proses render biasa.

Wang Qin, Senior Product Manager Gaming Expreience iQoo mengatakan bahwa chip Snapdragon 8 Gen 2 akan mampu mendukung peningkatan pengalaman gaming lewat ponselnya.Kompas.com/Yudha Pratomo Wang Qin, Senior Product Manager Gaming Expreience iQoo mengatakan bahwa chip Snapdragon 8 Gen 2 akan mampu mendukung peningkatan pengalaman gaming lewat ponselnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com