Kompas.com - 18/11/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Oppo resmi memperkenalkan gelang pintar terbarunya, Oppo Band 2 ke pasar Indonesia pada Oktober lalu. Gelang pintar ini dirancang dengan bodi dan desain tipis dan ringan, namun dibekali fitur yang serupa Oppo Watch Free.

Dari segi tampilan dan keseluruhan desain, perangkat ini juga serupa dengan Oppo Watch Free, karena kedua perangkat kompak dibekali layar berbentuk persegi panjang.

Berbeda dengan pendahulunya, Oppo Band generasi pertama dibekali layar persegi panjang, tetapi dengan ukuran lebar yang lebih sempit. Sehingga layar perangkat tampak lebih kecil dibanding Oppo Band 2.

Harga Oppo Band 2 sendiri di Indonesia dijual Rp 1.099.000, nyaris dua kali lipat dari banderol harga Oppo Band generasi pertama saat diluncurkan pada Maret 2021 lalu, yaitu Rp 649.000.

Baca juga: Oppo Band 2 Resmi di Indonesia, Gelang Pintar dengan Fitur Mirip Oppo Watch Free

Lalu, bagaimana tampilan dari segala sisi dan pembaruan fitur yang dibawa oleh Oppo Band 2? Simak ulasan dari kesan pertama menggenggam, menggunakan, hingga menjajal fitur dari gelang pintar terbaru bikinan Oppo di Indonesia.

Unboxing Oppo Band 2

Kotak kemasan Oppo Band 2 memiliki desain yang minimalis serta didominasi oleh warna putih. Di bagian depan terdapat gambar dari sisi depan perangkat disertai tulisan “Band” yang diposisikan secara vertikal pada bagian kiri atas kotak.

Adapun di sisi kanan kotak terdapat logo perangkat “Oppo”, sedangkan di sisi bagian kirinya tertulis “Oppo Band 2” untuk menunjukkan varian model dari perangkat.

Isi kotak kemasan dari Oppo Band 2 terdiri dari satu unit gelang pintar, kabel charger tipe USB-A ke pengisi daya magnet, dan buku panduan (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Isi kotak kemasan dari Oppo Band 2 terdiri dari satu unit gelang pintar, kabel charger tipe USB-A ke pengisi daya magnet, dan buku panduan (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Di bagian belakangnya, terdapat beberapa detail spesifikasi produk, seperti nomor model perangkat, sertifikasi produk tahan air (water-ressistant), kapasitas baterai, keluaran daya perangkat, jenis perangkat yang kompatibel dengan gelang pintar, nomor kode IMEI, hingga alamat dari pabrik yang memproduksi perangkat.

Ketika kotak kemasan dibuka, terdapat satu unit Oppo Band 2 yang masih berada di dalam plastik berwarna putih buram. Tidak ada aksesoris tambahan lain. Hanya terdapat kabel pengisi daya tipe USB-A ke pengisi daya magnet, dan buku panduan saja, tanpa disertai kepala charger.

Tampilan dan kotak kemasan dari Oppo Band 2 (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Tampilan dan kotak kemasan dari Oppo Band 2 (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Meskipun di bagian depan kotak, gambar produk yang ditampilan merupakan varian warna hitam, warna perangkat yang kali ini dijajal oleh KompasTekno adalah warna Baby Blue atau Biru Muda.

Namun, saat dibuka, warna dari Oppo Band 2, khususnya pada bagian strap (tali gelang) didesain dengan dua warna yang berbeda. Tali yang lebih panjang berwarna biru muda, nyaris putih, sedangkan tali yang lebih pendek berwarna biru yang sedikit lebih tua.

Ringan dan tipis

Saat pertama kali dipegang dan digenggam, perangkat ini terbilang cukup ringan karena “hanya” memiliki bobot seberat 33 gram, sedangkan jika tanpa tali seberat 20 gram saja.

Tali strap yang dimiliki juga terasa kesat dan dibalut dengan finishing matte sehingga membuat perangkat tidak licin. Saat digunakan dan dipakai ke pergelangan tangan wanita dewasa, ukurannya juga tidak terlalu besar.

Oppo Band 2 dirancang memiliki dua strap warna yang berbeda. Tali yang lebih panjang memiliki warna yang lebih muda, nyaris mendekati warna putih, sedangkan tali yang lebih pendek memiliki warna biru yang sedikit lebih tua (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Oppo Band 2 dirancang memiliki dua strap warna yang berbeda. Tali yang lebih panjang memiliki warna yang lebih muda, nyaris mendekati warna putih, sedangkan tali yang lebih pendek memiliki warna biru yang sedikit lebih tua (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Hanya saja, dikarenakan bahan tali tersebut terbuat dari bahan karet, ketika tangan berkeringat, timbul sedikit rasa gatal di areal pergelangan tangan sehingga gelang harus dilepas dan dibersihkan terlebih dulu. Lalu baru digunakan kembali.

Saat mencoba mengoperasikan layar perangkat, seperti menggeser layar ke kanan, kiri, atas, dan bawah, perangkat bisa merespons perintah dengan cukup cepat. Namun, bila kecepatan menggeser layar dipercepat, responsnya sedikit melambat.

Baca juga: Oppo Watch Free Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Layar juga diatur secara otomatis. Apabila tidak sedang digunakan, layar gelang pintar akan gelap, sedangkan jika tangan atau pergelangan tangan diayunkan ke arah atas, layar perangkat akan otomatis menyala untuk menunjukkan waktu.

Di bagian bawah perangkat, terdapat sensor untuk memantau kesehatan, seeperti detak jantung, saturasi oksigen, dan masih banyak lagi. Lalu, di atas sensor tersebut terdapat dua lubang magnet yang dijadikan sebagai tempat untuk mengisi daya perangkat.

Agar penggunaan perangkat bisa lebih optimal, harus terlebih dahulu mengunduh (download) aplikasi HeyTap Health yang tersedia di toko aplikasi resmi Google Play Store ataupun Apple App Store.

Setelah aplikasi berhasil diunduh, isi beberapa data diri seperti jenis kelamin, tanggal lahir, usia, berat badan, dan tinggi badan. Setelah itu, nyalakan Bluetooth smartphone, pergi ke halaman “Manage” lalu klik “Add”.

Pilih Oppo Band 2, tunggu beberapa saat, nantinya gelang pintar tersebut akan langsung otomatis terkoneksi ke perangkat.

Hands-on Oppo Band 2

Oppo Band 2 memiliki dimensi berukuran 45,3 x 29,1 x 10,6 mm dengan bobot seberat 30 gram (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Oppo Band 2 memiliki dimensi berukuran 45,3 x 29,1 x 10,6 mm dengan bobot seberat 30 gram (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Oppo Band 2 dibekali layar AMOLED seluas 1,57 inci, sedikit lebih kecil dari Oppo Watch Free yang berbentang 1,64 inci dan sedikit lebih besar dari Oppo Band yang seluas 1,1 inci.

Resolusi layar yang ditawarkan adalah 156 x 402 piksel, kerapatan piksel 302 PPI, tingkat kecerahan maksimal 500 nits. Sementara itu, ukuran dari perangkat ini memiliki dimensi 45,3 x 29,1 x 10,6 mm.

Dari segi desain, perangkat ini cukup nyaman dipakai selama berjam-jam, bahkan seharian sampai 24 jam penuh. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, bobotnya yang ringan membuat tangan tidak terasa berat dan terkadang terasa tidak sedang memakai gelang.

Setelah digunakan selama kurang lebih satu bulan (30 hari), Oppo Band 2 bisa dikatakan dapat meningkatkan produktivitas penggunanya. Sebab, perangkat ini dibekali fitur untuk memberi pengingat agar dapat tetap aktif.

Baca juga: Qualcomm RIlis Chip Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1 untuk Smartwatch dkk

Notifkasi yang muncul adalah “Let’s get moving!”, sebuah kalimat ajakan yang diberikan sistem kepada pengguna untuk bergerak dan meluangkan waktu untuk tetap aktif setelah berjam-jam duduk tidak bergerak sama sekali.

Adapun fitur lainnya adalah pengingat untuk air minum. Dalam kurun waktu tertentu, misalnya satu jam, muncul notifikasi “Let’s get drink!”. Jumlah target air harian yang diminum juga dapat diatur, mulai dari 500 ml (mililiter) hingga 5.000 ml.

Fitur kesehatan yang dibekali Oppo Band 2 salah satunya adalah pengingat minum air putih. Pengguna akan mendapatkan notifikasi setiap satu jam untuk segera minum air agar target air harian yang ditentukan dapat tercapai (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Fitur kesehatan yang dibekali Oppo Band 2 salah satunya adalah pengingat minum air putih. Pengguna akan mendapatkan notifikasi setiap satu jam untuk segera minum air agar target air harian yang ditentukan dapat tercapai (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Selain itu, perangkat juga akan secara otomatis mendeteksi jenis olahraga yang dilakukan, seperti berlari, berjalan, hingga berenang. Di lembar spesifikasi, Oppo Band 2 dibekali fitur yang mendukung 100 macam olahraga yang berbeda.

Fitur lainnya adalah mengukur tingkat stress, kualitas tidur, memantau aktivitas sehari-hari, peredaran darah dalam tubuh, dan mengatur pernapasan.

Untuk mengukur keakuratan tingkat stress perangkat, tim KompasTekno mencoba menonton film yang penuh dengan ketegangan, seperti film bergenre horror dan thriller dalam kurun waktu tertentu.

Saat dicek ke menu “Stress”, terbukti bahwa selama menonton film yang menegangkan tersebut, tingkat stress cukup tinggi dibandingkan sebelumnya. Awalnya, tingkat stress berada di rentang 20-30 (rendah-normal), setelah nonton meningkat menjadi 52-55, hampir menyentuh batas akhir dari stress normal.

Agar pemantauan kesehatan, riwayat aktivitas sehari-hari hingga olahraga bisa lebih optimal, bisa membuka aplikasi HeyTap Health untuk rincian data yang lebih jelas. Sehingga dapat diketahui kapan saja aktivitas yang ditargetkan dapat terpenuhi dan tidak.

Adapun untuk meningkatkan perlindungan perangkat, gelang pintar ini sudah mengantongi sertifikasi 5 ATM (tahan air di kedalaman 50 menit selama 10 menit). Sehingga saat melakukan aktivitas di dalam air, perangkat dapat tetap awet dan bisa digunakan.

Spesifikasi dan harga Oppo Band 2

Ilustrasi pengisian daya Oppo Band 2 (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Ilustrasi pengisian daya Oppo Band 2 (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Gelang pintar ini mengandalkan prosesor dari Apollo 3.5 dan ditopang oleh baterai berkapasitas 200 mAH yang diklaim dapat bertahan selama 14 hari.

Perangkat juga didukung oleh pengisian daya cepat (fast charging) yang diklain dapat terisi penuh dari 0-100 persen selama kurang lebih 60 menit (1 jam). Akan tetapi, saat diuji coba secara langsung, pengisian daya dapat penuh dari 4-100 persen selama 45-50 menit.

Kendati begitu, perangkat yang digunakan tidak bertahan selama 14 hari penuh (2 minggu) seperti klaim perusahaan.

Hal ini mungkin dikarenakan fitur memantau saturasi oksigen secara langsung dan merekam kualitas tidur selalu dinyalakan setiap saat.

Varian warna yang tersedia terdiri dari dua warna, Hitam dan Biru. Untuk lebih lengkapnya, simak tabel spesifikasi dari Oppo Band 2 di Indonesia berikut ini.

Spesifikasi Oppo Band 2
Dimensi dan bobot 45,3 x 29,1 x 10,6 mm, bobot 30 gram (tanpa strap 20 gram)
Layar AMOLED, 1,57 inci, 156 x 402 piksel, kerapatan piksel 302 PPI, tingkat kecerahan maksimal 500 nits
Prosesor Apollo 3.5
Baterai 200 mAH, fast charging
Water-ressistant 5 ATM (tahan air di kedalaman 50 meter selama 10 menit)
Fitur Fitur mendeteksi 100 jenis olahraga, mengukur tingkat stress, kualitas tidur, memantau aktivitas kesehatian, pengingat minum, bangun dan bergerak, dan memantau peredaran darah dalam tubuh
Warna Hitam dan Biru
Harga Rp 1.099.000

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.