Kompas.com - 20/11/2022, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Menjaga keamanan akun sudah menjadi prioritas semua pengguna internet. Salah satu cara menjaganya adalah memiliki kata sandi (password) yang tidak mudah ditebak agar terhindar dari peretasan.

Namun, tidak jarang pengguna internet membuat password yang sederhana agar mudah mengingatnya. Bahkan, kata sandi itu sangat mudah ditebak dalam waktu cepat.

Penyedia layanan pengelola password, NordPass, mengungkap kata sandi apa saja yang banyak digunakan pengguna internet dunia pada tahun 2022. Menariknya, kata sandi yang paling banyak digunakan adalah "password" itu sendiri.

Padahal, password ini sangat lemah. NordPass menyebut kata sandi "password" bisa ditebak hanya dalam waktu kurang dari satu detik.

Menurut NordPass, "password" digunakan 4,9 juta kali sebagai password secara global. Selain "password", kata sandi lain yang lemah dan sangat mudah ditebak dalam waktu singkat adalah "123456" dan "123456789".

Keduanya sama-sama bisa ditebak dalam waktu kurang dari satu detik. Kata sandi "12345" tercatat digunakan 1,5 juta kali, sementara "123456789" digunakan jauh lebih sedikit, yakni 413.056 kali.

Baca juga: Naruto dan Bismillah Jadi Password yang Sering Dipakai di Indonesia

Di posisi keempat dan kelima, ada kata sandi "guest" dan "qwerty" yang juga banyak digunakan warganet dunia. Meskipun mainstream, "guest" membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk ditebak, yakni 10 detik dan sudah digunakan 376.417 kali.

Sementara "qwerty", bisa ditebak hanya dalam waktu kurang dari satu detik dengan repetisi penggnaan 309.679 kali.

NordPass melakukan riset penggunaan kata sandi di 30 negara. Menurut NordPass, pembuatan kata sandi ternyata turut dipengaruhi budaya populer dan kekinian.

Misalnya saja penggunaan password dengan judul film box office atau serial yang sedang hits, seperti "batman", "euphoria", dan "encanto". Ketiga judul film dan serial itu tahun lalu cukup banyak digunakan sebagai kata sandi.

Halaman:
Sumber NordPass


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.