Kompas.com - 20/11/2022, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Samsung dipercaya bakal meluncurkan lini seri Galaxy S, sebagai penerus dari Galaxy S22 series yang rilis tahun lalu. Ponsel itu konon akan disebut sebagai Galaxy S23 series, bila mengikuti tradisi penamaan Samsung selama ini.

Untuk pasar Amerika Serikat (AS), biasanya Samsung menghadirkan Galaxy S dengan chipset dari Qualcomm, sementara negara lain akan kebagian versi chip Exynos. Namun, tahun lalu Samsung meluncurkan Galaxy S22 series versi Snapdragon ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia,

Nah, Galaxy S23 series nantinya disebut bakal ditenagai chipset terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Meski ponsel tersebut belum dirilis resmi, bocoran hasil benchmark Geekbench dari Galaxy S23 versi Snapdragon sudah beredar di internet.

Baca juga: Bocoran Hasil Foto Samsung Galaxy S23 Ultra Beredar, Diadu dengan Pixel 7 Pro

Bocoran tersebut dibagikan oleh pembocor gadget (tipster) Ice Universe. Dalam bocorannya, perangkat yang diuji dengan aplikasi Geekbench 5 memiliki nomor model SM-S918B. Nomor model ini menurut bocoran adalah kode untuk Galaxy S23 Ultra yang biasanya menjadi varian tertinggi di antara Galaxy S series.

Menurut hasil benchmark Geekbench 5 yang dibagikan Ice Universe, Galaxy S23 Ultra meraih skor 1.504 untuk pengujian single-core dan 4.580 untuk multi-core.

Berkat hasil pengujian Geekbench, terpampang pula spesifikasi lain dari Galaxy S23 Ultra, termasuk soal chipset yang digunakan, RAM hingga sistem operasinya.

Menurut database Geekbench, chipset yang digunakan Galaxy S23 Ultra memiliki 8 inti (core) CPU, terdiri dari 3 inti dengan clockspeed 2.02 GHz, 4 inti 2.8 GHz, dan 1 inti bekecepatan 3.36 GHz. Spesifikasi ini mengindikasikan bahwa Galaxy S23 Ultra yang digunakan dalam pengujian Geekbench memakai chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Sebab, spesifikasi itu cocok dengan chip terkuat Qualcomm saat ini, yang detailnya bisa disimak di artikel "Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 2, Chipset Terkuat Qualcomm Saat Ini".

Namun ada yang menarik pada salah satu core CPU tersebut, yakni kecepatan frekuensi 3.36 GHz, bukan 3.2 GHz seperti yang diumumkan di acara Snapdragon Summit 2022 lalu. Menurut Ice Universe, hal ini dikarenakan Galaxy S23 Ultra ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2 dengan frekuensi tinggi yang ditujukan khusus untuk Samsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Gizmochina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.