Kompas.com - 21/11/2022, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Google meluncurkan sejumlah fitur baru untuk memperkaya pengalaman pengguna, ketika melakukan pencarian sesuatu di Google Search.

Salah satu fitur baru yang dirilis Google yaitu AR shopping. Fitur ini akan membantu pengguna seolah menjajal produk tertentu yang dicari di Google Search sebelum memutuskan untuk membeli.

Saat ini, AR shopping diterapkan untuk produk make up atau tata rias seperti foundation. Dengan dukungan AR shopping di Google Search, pengguna bisa menemukan produk foundation yang cocok dengan warna kulit hanya dari hasil pencarian.

"Kami mengumumkan fitur AR shopping baru yang memudahkan pengguna menemukan foundation yang cocok," kata Danielle Buckley, Director of Product Consumer Shopping Google, dikutip KompasTekno dari blog resmi Google, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Pengertian Search Engine, Cara kerja, Fungsi, dan Contohnya

"Dikembangkan bersama merek kecantikan, pustaka foto baru kami menampilkan 148 model yang mewakili beragam warna kulit, usia, jenis kelamin, bentuk wajah, etnis dan jenis kulit," lanjutnya.

Menurut Google, fitur ini dirancang untuk membantu pengguna mendapatkan gambaran visual terkait penerapan berbagai produk pada wajahnya. Namun dalam praktiknya, penerapan produk ditampilkan pada wajah model, bukan wajah pengguna.

Untuk mencobanya, pengguna bisa mencari produk foundation yang diinginkan melalui Google Search. Telusur hasil pencarian, hingga Anda menemukan hasil yang didukung fitur AR shopping, yang ditandai dengan gambar serta varian produk terkait disertai gambar model.

Pilih setiap varian yang ada agar Anda mendapatkan visual yang cocok. Pengguna juga bisa melihat perbandingan wajah model ketika memakai atau tanpa memakai foundation yang dipilih, sehingga visualnya lebih jelas lagi.

Setelah menemukan produk yang dirasa cocok, pengguna kemudian bisa memilih toko manapun yang menyediakan produk itu untuk melakukan pembelian.

Dalam blognya Google menjelaskan bahwa lebih dari 60 persen pembeli make up secara online, memutuskan tidak membeli make up online karena mereka tidak tahu warna apa yang cocok untuknya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.