Kompas.com - 21/11/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Pasar tablet di Indonesia belakangan diramaikan dengan sejumlah perangkat baru aneka merek. Perangkat ini menawarkan spesifikasi yang cukup menunjang aktivitas berinternet pengguna sehari-hari, tetapi dibanderol dengan harga yang murah.

Tablet Android murah yang baru-baru ini dirilis misalnya yaitu Redmi Pad yang resmi di Indonesia pada Kamis (18/11) kemarin. Tablet ini hadir dengan layar 10,61 inci dan refresh rate 90 Hz, dibanderol harga Rp 3,5 juta.

Awal November ini Huawei juga meluncurkan tablet berlayar lega disertai resolusi layar 2K. Tablet yang disebut Matepad SE itu dirilis untuk menunjang kebutuhan anggota keluarga di Indonesia, misalnya untuk menonton konten di internet.

Selain Redmi Pad dan Huawei MatePad SE, ada pula tablet Android murah lainnya yang bisa menjadi rekomendasi bagi pengguna di Indonesia seperti keluaran Samsung hingga Realme. berikut empat tablet Android murah di Indonesia dengan harga Rp 2-3 jutaan.

Baca juga: Selisih Rp 900.000, Ini Beda Redmi Pad Vs Realme Pad Mini di Indonesia

1. Redmi Pad

Sub-brand Xiaomi, Redmi memboyong tablet pertamanya ke Indonesia, yakni Redmi Pad. Tablet Redmi Pad dibekali layar berkualitas 2K (2.000 x 1.200 piksel) dan refresh rate 90 Hz. Ukuran layarnya sendiri membentang 10,61 inci secara diagonal dengan panel IPS LCD, kecerahan 400 nit hingga kerapatan piksel 200 ppi.

Dapur pacu Redmi Pad ditenagai chipset Helio G99, yang dipadukan dengan RAM 6 GB serta penyimpanan media 128 GB.

RAM tablet ini masih bisa ditambah 2 GB dengan fitur ekspansi RAM. Jadi, total kapasitas RAM yang bisa dinikmati pengguna adalah 8 GB. Kapasitas penyimpanannya juga bisa diperluas hingga 1 TB melalui kartu microSD eksternal.

Untuk aspek daya, Redmi Pad dibekali baterai 8.000 mAh disertai dukungan fast charging 18 watt.

Redmi Pad meluncur di India dalam pilihan warna Graphite Grey, Moonlight Silver, dan Mint Green.mi.com/in Redmi Pad meluncur di India dalam pilihan warna Graphite Grey, Moonlight Silver, dan Mint Green.

Adapun aspek kameranya dilengkapi dengan kamera utama tunggal resolusi 8 MP. Tablet ini juga memiliki kamera depan yang ditempatkan di bezel (bingkai) atas (orientasi landskap) dengan resolusi 8 MP.

Redmi Pad sudah menjalankan sistem operasi Android 12 berlapis antarmuka MIUI 13. Dengan kombinasi software tersebut, pengguna Redmi Pad dapat menikmati fitur multitasking, seperti split screen, floating windows, serta multi-windows.

Fitur lain yang dibawa Redmi Pad meliputi empat speaker berteknologi Dolby Atmos, Bluetooth 5.3, USB Type-C, serta WiFi 5. Di Indonesia, Redmi Pad dengan RAM 6/128 GB dijual seharga Rp 3,5 juta.

Baca juga: Tabel Spesifikasi Redmi Pad di Indonesia, Tablet Harga Rp 3 Jutaan

2. Realme Pad Mini

Tablet Realme Pad Mini merupakan tablet pertama Realme di Indonesia. Tablet ini dirilis perusahaan asal China itu pada pertengahan Agustus lalu.

Realme Pad Mini hadir dengan layar LCD 8,7 inci, resolusi 1340 x 800 piksel, dan rasio bodi ke layar (screen-to-body) 84,59 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.