Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading

Kompas.com - 21/11/2022, 18:15 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gamer Mobile Legends pasti tak asing dengan tampilan layar tunggu (loading screen) yang akan selalu dilihat ketika hendak masuk ke tampilan utama (lobby) Mobile Legends.

Tampilan loading screen ini, yang bakal dilihat pemain ketika membuka game Mobile Legends, akan disuguhkan kepada pemain selama beberapa detik, tergantung seberapa cepat koneksi internet mereka.

Namun, tak jarang loading screen macet (stuck), sehingga pemain harus menunggu dalam waktu yang cukup lama agar bisa masuk ke dalam tampilan utama Mobile Legends.

Biasanya, masalah ini disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari koneksi internet yang kurang baik hingga file yang ada di dalam sistem Mobile Legends yang rusak.

Nah, kini KompasTekno memiliki tips lima (5) cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading, supaya pemain bisa masuk ke dalam game Mobile Legends dengan lancar.

Tips-tips ini bisa dibilang cukup mudah diikuti dan bisa dilakukan oleh pengguna ponsel Android maupun iOS. Apa saja? Yuk, simak cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading!

Cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading

1. Bersihkan Cache

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading dengan membersihkan cache.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading dengan membersihkan cache.

File cache diketahui bisa mengganggu file-file yang ada di dalam Mobile Legends menjadi rusak (error). Cache juga dikenal bisa membuat suatu aplikasi lama untuk memproses file-file yang dibutuhkan.

Baca juga: Apa Itu Data Cache di Android dan iPhone, Apakah Boleh Dihapus?

Dengan kata lain, ada baiknya membersihkan cache Mobile Legends secara berkala supaya terhindar dari masalah, salah satunya adalah stuck di loading tadi.

Cara membersihkan cache Mobile Legends bisa disimak di langkah-langkah berikut ini. Perlu dicatat, langkah-langkah ini berlaku bagi ponsel Android. Langkah di bawah dijajal di ponsel  Samsung dengan antarmuka One UI.

Meski demikian, ponsel iOS alias iPhone, atau ponsel Android merek lainnya mungkin memiliki cara yang tidak jauh berbeda.

  • Pergi ke menu "Settings"
  • Pilih menu "Apps"
  • Pilih aplikasi "Mobile Legends: Bang-bang"
  • Klik menu "Storage"
  • Klik tombol "Clear cache"

2. Ganti koneksi internet

Koneksi internet yang buruk atau sinyal lemah biasanya menjadi salah satu pemicu mengapa pemain harus menunggu lama di loading screen Mobile Legends.

Artinya, mengganti koneksi internet bisa menjadi satu cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading.

Apabila pemain memiliki dua karti SIM, mereka bisa mengganti koneksi internet dari SIM 1 atau SIM 2 atau sebaliknya. Mereka juga bisa mengganti dari koneksi data ke koneksi internet WiFi apabila tersedia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com