Kompas.com - 22/11/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Qualcomm meluncurkan chipset flagship terbaru mereka, Snapdragon 8 Gen 2, dalam ajang tahunan Snapdragon Summit pada Selasa (15/11/2022) waktu Amerika Serikat.

Snapdragon 8 Gen 2 akan mentenagai ponsel Android kelas atas. Snapdragon 8 Gen 2 diklaim lebih bertenaga dan efisien dibanding pendahulunya.

GPU Adreno di Snapdragon 8 Gen 2, disebut Qualcomm, 25 persen lebih bertenaga dan CPU Kryo diklaim 40 persen lebih efisien.

Baca juga: Kata Samsung, Oppo, Xiaomi, dan iQoo soal Chip Snapdragon 8 Gen 2

Untuk membuktikan hal tersebut, Qualcomm menggelar uji benchmark di hadapan para jurnalis termasuk KompasTekno, setelah acara peluncuran Snapdragon 8 Gen 2 di Hawaii.

Dalam pengujian tersebut, Qualcomm menggunakan perangkat yang dibuat khusus untuk uji coba Snapdragon 8 Gen 2.

Ada sejumlah aplikasi benchmark yang digunakan, termasuk AnTuTu versi 9 dan Geekbench.

Perlu dicatat, angka dalam pengujian benchmark ini tidak selalu merepresentasikan pengalaman penggunaan perangkat.

Dari pengujian yang dilakukan menggunakan aplikasi AnTuTu, skor yang diperoleh adalah 1.271.537. Angka ini lebih besar ketimbang pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 1 yang berada di kisaran 1 juta saja.

Hasil benchmark Snapdragon 8 Gen 2 menggunakan aplikasi AnTuTu menunjukkan angka yang diperoleh lebih tinggi dari generasi sebelumnya, bahkan lebih tinggi dari chipset terkuat Apple saat ini yaitu A16 BionicKOMPAS.com/Yudha Pratomo Hasil benchmark Snapdragon 8 Gen 2 menggunakan aplikasi AnTuTu menunjukkan angka yang diperoleh lebih tinggi dari generasi sebelumnya, bahkan lebih tinggi dari chipset terkuat Apple saat ini yaitu A16 Bionic

Lebih rinci, angka benchmark untuk CPU-nya adalah 264.025 dan GPU-nya 571.172.

Hasil benchmark AnTuTu tersebut juga terpaut cukup jauh dengan chipset milik iPhone 14 Pro Max, Apple A16 Bionic .

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.