Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Cianjur, Kominfo dan Operator Telekomunikasi Upayakan Pemulihan Jaringan

Kompas.com - 22/11/2022, 07:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6 mengguncang kota Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.20 WIB. Akibatnya, beberapa infrastruktur telekomunikasi yang ada di kawasan tersebut mengalami gangguan.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail menyatakan gangguan tersebut terjadi akibat pasokan listrik ke sejumlah  site Base Transceiver Station (BTS) terputus.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, Kominfo bersama operator seluler yang terdampak melakukan mitigasi demi melakukan pemulihan layanan supaya bisa digunakan kembali oleh masyarakat.

“Kominfo sudah memonitor kondisi layanan seluler dan meminta operator seluler untuk menyiapkan supply power cadangan dengan mobile backup power (MBP) dan genset portable,” kata Ismail dalam siaran resmi Kominfo, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Gempa Cianjur, Telkomsel Pulihkan Sinyal dengan Genset

Untuk saat ini, Ismail mengatakan bahwa per Senin pukul 18.30 WIB, beberapa operator seluler telah melakukan sejumlah pemulihan untuk mengamankan layanan telekomunikasi di Cianjur dan sekitarnya..

Rinciannya, Telkomsel sudah melakukan pemulihan terhadap 118 site BTS yang mengalami gangguan pasokan listrik.

Kemudian Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tengah memulihkan 10 site BTS terdampak di Sukabumi dan 81 site BTS di Cianjur.

XL Axiata, lanjut Ismail, disebut telah memulihkan 63 site BTS yang mengalami gangguan, begitu juga Smartfren yang tengah melakukan pemulihan terhadap sekitar 12 site BTS.

“Secara umum layanan jaringan telekomunikasi seluler masih cukup aman dengan pasokan listrik genset. Kami dan operator seluler berupaya untuk menjaga kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik kepada masyarakat,” imbuh Ismail.

Jaringan Telkom aman

Selain layanan milik operator seluler, Ismail juga mengatakan bahwa layanan telekomunikasi milik PT Telkom Indonesia juga ikut terkena dampak gempa bumi.

Salah satu yang terdampak adalah sejumlah Sentra Telepon Otomat (STO) yang berguna untuk mengirimkan informasi via jaringan telepon.

Meski demikian, Ismail mengatakan bahwa Telkom sudah melakukan langkah mitigasi terhadap gangguan STO tersebut.

“Layanan di STO Cianjur, Cibeber, Sukanegara dan Sukaresmi, dilaporkan normal, pasokan listrik atau catuan PLN off dan sementara menggunakan genset,” kata Ismail.

Baca juga: Xiaomi Uji Coba Kirim Peringatan Dini Gempa di Indonesia

Ismail juga mengatakan bahwa secara umum, infrastuktur Telkom lainnya, yaitu jaringan tulang punggung Telkom Indonesia (Transport DWDM dan Link Metro E) saat ini masih dalam kondisi aman. 

Ke depannya, Ismail mengatakan bahwa Kominfo dan operator telekomunikasi seluler terus melakukan pemantauan kapasitas dan kualitas jaringan telekomunikasi di area terdampak gempa bumi di Cianjur dan sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com