Kompas.com - 22/11/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Apple mengonfirmasi akan menggunakan colokan USB-C pada iPhone generasi mendatang. Kini, muncul kabar bahwa model iPhone 15 series akan menggunakan port USB-C yang mendukung koneksi Thunderbolt 3 atau USB 3.2.

Informasi ini diungkap oleh analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo yang mengunggah cuitan dalam bentuk thread di Twitter dengan handle @mingchikuo, Kamis (17/11/2022). Kuo sebelumnya mengungkapkan bahwa tidak semua model iPhone di 2023 akan menggunakan USB-C.

Konon, hanya dua model iPhone di generasi mendatang saja yang mengandalkan USB-C. Akan tetapi, belum diketahui USB-C yang dipakai tipe Thunderbolt 3 atau USB 3.2. Menurut prediksi dari analis tersebut, dua model tersebut adalah iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Baca juga: Apple Pastikan iPhone Pakai USB-C Mulai Tahun Depan

“Saya memprediksi bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan mendukung setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3," tulis Kuo di unggahan Twitternya.

"Pembaruan spesifikasi ini mengindikasikan bahwa pengalaman men-transfer (data) dengan kabel dan pengalaman video akan meningkat secara signifikan,” lanjut Kuo.

Perbedaan dari USB-C tipe Thunderbolt 3 dengan USB 3.2 mungkin tidak bisa dilihat secara mata telanjang.

Sebab, keduanya memiliki bentuk yang identik. Hal yang menjadi pembeda dari keduanya terletak pada maximum speed yang didukung, alias kecepatan dalam mentransfer data.

Thunderbolt 3 secara teori, mampu menawarkan kecepatan bandwith mencapai 40 Gbps (gigabyte per second), sedangkan konektor Lightning (yang sebelumnya digunakan model iPhone sebelumnya) menawarkan kecepatan USB 2.0 sebesar 480 Mbps (megabyte per second).

Baca juga: Daftar Harga iPhone Terbaru November 2022: iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone SE 3

Jika prediksi yang diungkap Kuo ini benar dan sesuai, pengguna iPhone 15 versi “Pro” bakal memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih cepat, seperti mengirimkan file foto ProRAW 48 megapiksel.

Sedangkan, untuk pearangkat yang mengandalkan USB-C tipe USB 3.2, kecepatan transfer yang ditawarkan sebesar 5 Gbps hingga 20 Gbps. Meskipun tidak sekencang Thunderbolt 3, USB 3.2 masih lebih unggul dan cepat dibandingkan port Lightning.

Halaman:
Sumber Mac Rumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.