Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Janji Update OneUI Bakal Digelontorkan Lebih Cepat ke Depannya

Kompas.com - 22/11/2022, 09:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung sudah mulai menggelontorkan pembaruan antarmuka (update user interface/UI) terbarunya, OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 untuk ponsel Galaxy sejak Oktober lalu.

Menariknya, tahun ini, Samsung lebih cepat menggelontorkan OneUI 5.0 ketimbang OneUI 4.0. Tahun lalu, OneUI berbasis Android 12 baru disebar pada November.

Dalam sebuah postingan di situs resmi Samsung Newsroom, Samsung pun berjanji bakal terus menggelontorkan update OneUI lebih cepat, serta ke lebih banyak perangkat ke depannya.

Vendor ponsel asal Korea Selatan ini mengungkapkan bahwa update OneUI 5.0 pertama kali disebar ke pengguna pada 24 Oktober 2022. Adapun lini smartphone pertama yang kebagian update ini adalah Samsung Galaxy S22 series. Setelah melakukan update, software perangkat otomatis akan menjalankan sistem operasi Android 13 yang dilapisi antarmuka OneUI 5.0.

Menurut Samsung, ini menjadikan penggelontoran OneUI 5.0 berbasis Android 13 memiliki jeda waktu yang singkat, yakni 2 bulan 10 hari setelah Android 13 versi dirilis resmi oleh Google pada 15 Agustus, sebagaiamana dihimpun KompasTekno dari Samsung Newsroom, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Samsung OneUI 5.0 Mulai Disebar, Ini Jadwal dan Daftar Ponsel yang Kebagian Lebih Awal

Setelah Galaxy S22, OneUI bakal menghampiri perangkat flagship lainnya macam Samsung Galaxy S21 series (8 November), Samsung Galaxy S20 series dan Samsung Galaxy Note 20 series, hingga deretan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip series dan tablet Samsung Galaxy Tab S8 series. 

Samsung juga sudah menyebar OneUI 5.0 untuk perangkat flagship Galaxy yang ada di Indonesia, sebagaimana diwartakan dalam artikel bertajuk "OneUI 5.0 Berbasis Android 13 Sudah Tersedia di Indonesia, Galaxy S22 Series Kebagian Pertama".

Samsung juga tidak menganaktirikan ponsel kelas menengah bikinannya dan mengesampingkan penggelontorkan update OneUI 5.0 untuk ponsel mid-range Galaxy A series.

Buktinya, pada bulan November dan hingga akhir Desember 2022, Samsung dijadwalkan menyebar update OneUI 5.0 untuk perangkat Samsung Galaxy A53 5G, Galaxy A33 5G, Galaxy A52s 5G, Galaxy A51 5G, dan Galaxy A32.

Pada 2023 mendatang, Samsung juga bakal lanjut menggelontorkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13 untuk ponsel flagship dan mid-range yang lebih lawas.

Menurut Samsung, penggelontoran Update OneUI 5.0 yang lebih cepat dan ke lebih banyak perangkat ini mencerminkan tujuan perusahaannya untuk memberikan pengalaman mobile terbaru secepat mungkin kepada sebanyak mungkin pengguna Galaxy di seluruh dunia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Samsung Newsroom, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Samsung Ejek iOS 16 lewat Video Iklan OneUI 5.0

Fitur baru OneUI 5.0

Ilustrasi tampilan lockscreen ponsel Galaxy yang sudah menjalankan OneUI 5.0.XDA Developers Ilustrasi tampilan lockscreen ponsel Galaxy yang sudah menjalankan OneUI 5.0.
Menurut Samsung, One UI 5.0 menawarkan pengalaman yang bisa disesuaikan (custom) sepenuhnya oleh pengguna. Beberapa fitur baru yang diboyong oleh One UI 5.0 yaitu gaya jam baru, pop up notifikasi yang berbeda dengan UI sebelumnya hingga kemampuan untuk memotong video dan memasangnya di lock screen (layar kunci).

Dengan pembaruan ini, pengguna ponsel Samsung bakal menikmati sejumlah fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih banyak, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang ditingkatkan.

Selain pengalaman yang lebih personal, antarmuka ini juga diklaim menawarkan fitur keamanan yang ditingkatkan. Misalnya, One UI 5.0 akan memperingatkan pengguna ketika mereka membagikan foto yang mungkin memuat data penting seperti paspor atau kartu identitas lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com