Kompas.com - 22/11/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Samsung sudah mulai menggelontorkan pembaruan antarmuka (update user interface/UI) terbarunya, OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 untuk ponsel Galaxy sejak Oktober lalu.

Menariknya, tahun ini, Samsung lebih cepat menggelontorkan OneUI 5.0 ketimbang OneUI 4.0. Tahun lalu, OneUI berbasis Android 12 baru disebar pada November.

Dalam sebuah postingan di situs resmi Samsung Newsroom, Samsung pun berjanji bakal terus menggelontorkan update OneUI lebih cepat, serta ke lebih banyak perangkat ke depannya.

Vendor ponsel asal Korea Selatan ini mengungkapkan bahwa update OneUI 5.0 pertama kali disebar ke pengguna pada 24 Oktober 2022. Adapun lini smartphone pertama yang kebagian update ini adalah Samsung Galaxy S22 series. Setelah melakukan update, software perangkat otomatis akan menjalankan sistem operasi Android 13 yang dilapisi antarmuka OneUI 5.0.

Menurut Samsung, ini menjadikan penggelontoran OneUI 5.0 berbasis Android 13 memiliki jeda waktu yang singkat, yakni 2 bulan 10 hari setelah Android 13 versi dirilis resmi oleh Google pada 15 Agustus, sebagaiamana dihimpun KompasTekno dari Samsung Newsroom, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Samsung OneUI 5.0 Mulai Disebar, Ini Jadwal dan Daftar Ponsel yang Kebagian Lebih Awal

Setelah Galaxy S22, OneUI bakal menghampiri perangkat flagship lainnya macam Samsung Galaxy S21 series (8 November), Samsung Galaxy S20 series dan Samsung Galaxy Note 20 series, hingga deretan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip series dan tablet Samsung Galaxy Tab S8 series. 

Samsung juga sudah menyebar OneUI 5.0 untuk perangkat flagship Galaxy yang ada di Indonesia, sebagaimana diwartakan dalam artikel bertajuk "OneUI 5.0 Berbasis Android 13 Sudah Tersedia di Indonesia, Galaxy S22 Series Kebagian Pertama".

Samsung juga tidak menganaktirikan ponsel kelas menengah bikinannya dan mengesampingkan penggelontorkan update OneUI 5.0 untuk ponsel mid-range Galaxy A series.

Buktinya, pada bulan November dan hingga akhir Desember 2022, Samsung dijadwalkan menyebar update OneUI 5.0 untuk perangkat Samsung Galaxy A53 5G, Galaxy A33 5G, Galaxy A52s 5G, Galaxy A51 5G, dan Galaxy A32.

Pada 2023 mendatang, Samsung juga bakal lanjut menggelontorkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13 untuk ponsel flagship dan mid-range yang lebih lawas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.