Kompas.com - 22/11/2022, 13:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung disinyalir tengah mempersiapkan ponsel entry-level terbarunya dari Galaxy A-Series, yaitu Galaxy A14 5G.

Keberadaan Samsung Galaxy A14 5G ini terungkap dari hasil benchmark Geekbench ponsel dengan model "SM-A146B" dan "SM-A146P" yang beredar di dunia maya.

Konon, SM-A146B merupakan nomor model untuk Galaxy A14 5G varian chipset Samsung Exynos 1330, sedangkan SM-A146P adalah nomor model untuk Galaxy A14 5G varian chipset Mediatek Dimensity 700.

Nah, berdasarkan bocoran hasil benchmark ini, Galaxy A14 5G dengan chipset buatan Samsung memiliki skor performa 770 poin untuk kinerja single-core dan 2.151 poin untuk kinerja multi-core.

Baca juga: Samsung Janji Update OneUI Bakal Digelontorkan Lebih Cepat ke Depannya

Skor tersebut lebih tinggi dibanding hasil benchmark yang didapat Galaxy A14 5G versi Dimensity 700, yang mentok di angka 522 poin untuk kinerja single-core dan 1.710 poin untuk kinerja multi-core.

Hasil benchmark Geekbench Galaxy A14 5G versi Mediatek (kiri) dan Galaxy A14 5G versi Exynos (kanan).GSMArena Hasil benchmark Geekbench Galaxy A14 5G versi Mediatek (kiri) dan Galaxy A14 5G versi Exynos (kanan).

Artinya, Galaxy A14 5G versi Exynos memiliki performa di atas Galaxy A14 5G versi Mediatek, jika mengacu ke hasil uji benchmark di atas.

Selain chipset dan skor performa hardware, Geekbench juga menguak beberapa spesifikasi Galaxy A14 5G lainnya.

Kabarnya, baik Galaxy A14 5G versi Exynos dan Mediatek akan kompak dibekali dengan RAM 4 GB dan sudah menjalankan sistem operasi (OS) terbaru Android 13.

Terlepas dari RAM dan OS, Geekbench tidak mengumbar spesifikasi lainnya dari Galaxy A14 5G. Selain itu, Samsung juga belum membagikan informasi apapun terkait kehadiran Galaxy A14 5G.

Namun menurut sejumlah laporan yang sudah menyeruak di internet, ponsel ini kabarnya bakal dibekali dengan layar LCD berukuran 6,8 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Baca juga: Daftar HP Samsung yang Kebagian Android 13

Untuk sektor fotografi, Galaxy A14 5G disebut mengandalkan tiga kamera di bagian belakangnya dengan kamera utama beresolusi 50 MP, serta kamera selfie di bagian depan yang beresolusi 13 MP.

Fitur pendukung lainnya di ponsel ini kabarnya mencakup sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan di tombol power, serta baterai berkapasitas 5.000 mAh, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (22/11/2022). 

Samsung Galaxy A14 5G kabarnya bakal diluncurkan pada 2022 ini secara global dengan harga 230 euro (sekitar Rp 3,7 juta). Kita nantikan saja dalam beberapa minggu ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.