Kompas.com - 22/11/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran program Data Terpadu Kesejahteraan Sosial untuk wilayah Jakarta atau DTKS Jakarta tahap 4 resmi dibuka mulai 15 November lalu. Pendaftarannya bakal berakhir hingga 15 Desember mendatang.

Masyarakat yang telah melakukan pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 bisa melakukan pengecekan statusnya secara online, apakah sudah ditetapkan atau belum. Lantas, bagaimana cara cek status pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4?

Baca juga: Apakah Anda Kena BI Checking, Begini Cara Cek Secara Online

Sama seperti saat melakukan pendaftaran, cek statusnya bisa juga dilakukan melalui website dtks.jakarta.go.id. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek status pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4.

Cara cek status pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4

  • Kunjungi link cek pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 ini https://dtks.jakarta.go.id/.
  • Selanjutnya, bila situs web telah terbuka, klik menu “Cek Status Pendaftaran”.
  • Masukkan NIK pada kolom yang tersedia dan klik opsi “Cari”.
  • Terakhir, situs web bakal menampilkan informasi mengenai status pendaftaran DTKS dari NIK tersebut.

Cukup mudah bukan untuk cek status pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4? Sebagai informasi tambahan, DTKS sendiri adalah data masyarakat yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial, serta bantuan dan pemberdayaan sosial.

Bila telah terdaftar dalam DTKS, masyarakat bakal bisa memperoleh layanan sosial tersebut. Tiap wilayah biasanya memiliki syarat dan mekanisme pendaftaran yang berbeda-beda. Adapun syarat pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 adalah sebagai berikut:

  • Pemegang KTP DKI Jakarta;
  • Tidak ada anggota rumah tangga yang menjadi pegawai tetap BUMN, PNS, TNI-Polri, atau anggota DPR-DPRD;
  • Rumah tangga tidak memiliki lahan dan bangunan dengan nilai jual objek pajak (NJOP) lebih dari Rp 1 miliar;
  • Sumber air utama yang digunakan untuk minum bukan air kemasan bermerek;
  • Rumah tangga tidak memiliki mobil;
  • Dinilai miskin oleh masyarakat setempat;

Untuk mekanisme pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4, masyarakat bisa mengunjungi situs web “dtks.jakarta.go.id”. Kemudian, membuat akun dulu dengan memasukkan data seperti NIK, nama lengkap, dan alamat e-mail.

Setelah berhasil login akun di “dtks.jakarta.go.id”, masyarakat tinggal memasukkan data-data yang dibutuhkan untuk mendaftar DTKS Jakarta tahap 4. Bila data telah diverifikasi maka akan ditetapkan sebagai target penerima layanan sosial.

Baca juga: Link Penukaran Uang Rupiah Baru 2022 serta Syaratnya

Penjelasan yang lebih lengkap mengenai mekanisme pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 bisa dibaca langsung di artikel ini “Cara Daftar DTKS DKI Jakarta 2022 Tahap 4 serta Syaratnya”. Demikianlah cara cek status pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.