Kompas.com - 22/11/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Pabrikan chip Nvidia dituntut di Amerika Serikat (AS) gara-gara masalah kabel meleleh di pengolah grafis (GPU) terbarunya, GeForce RTX 4090.

Tuntutan tersebut dilayangkan ke pengadilan distrik California Utara, AS oleh seorang korban yang bernama Lucas Genova pada Jumat (11/11/2022) waktu setempat.

Dalam tuntutan ini, Genova mengeklaim bahwa kabel dengan konektor 16-pin tipe baru berjenis 12-volt high-power (12VHPWR) meleleh beberapa saat setelah disambungkan ke unit GPU RTX 4090.

Konektor 12VHPWR diketahui merupakan teknologi baru Nvidia. Teknologi ini diperlukan RTX 4090 karena GPU tersebut memiliki konsumsi daya yang cukup besar, yaitu 450 watt untuk penggunaan biasa dan 600 watt untuk keperluan overclocking.

Baca juga: GeForce RTX 4090 Bisa Di-overclok Sampai 3 GHz

Belum diketahui apakah teknologi baru ini merupakan penyebab dari kabel meleleh tadi atau bukan.

Namun Genova mengeklaim bahwa ia telah memasang kabel tersebut dengan baik, dan masalah kemungkinan besar diakibatkan oleh fungsi konektor 12VHPWR yang cacat.

Konektor tersebut diketahui memang mengatur arus daya yang mengalir ke GPU, sehingga komponen ini bisa kepanasan dan meleleh apabila ada malfungsi.

Selain Genova, sebuah postingan di forum Reddit mengeklaim bahwa puluhan pengguna lain turut mengalami hal yang sama.

Berdasarkan postingan tersebut, kejadian ini melanda beberapa GPU RTX 4090 versi Founder Edition, serta beberapa GPU model serupa yang didesain oleh Asus, Gigabyte, dan MSI.

Kembali ke masalah pengadilan, tuntutan Genova tadi membuat Nvidia terancam hukuman yang melibatkan pelanggaran praktik bisnis yang tidak sehat, penipuan, perjanjian garansi, serta pelanggaran dua undang-undang bisnis yang berlaku di New York, AS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.