Kompas.com - Diperbarui 23/11/2022, 07:29 WIB

KOMPAS.com - Salah satu masalah yang kerap dijumpai pada aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) adalah akun WA diblokir sementara. Belakangan di Twitter, masalah akun WA diblokir sementara ramai dibicarakan oleh sebagian pengguna.

Salah satunya seperti twit yang dilontarkan oleh akun base @tanyakanrl, sebagaimana tertera di bawah ini. Dalam twit itu, akun tersebut menampilkan tangkapan layar aplikasi WhatsApp yang berisi pesan pemblokiran akun sementara atau dalam batas waktu tertentu.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WA Sebut Nama Sendiri Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Selain akun @tanyakanrl, ada pula akun base @askrlfess yang mengunggah twit dengan isi yang hampir serupa. Dalam twit yang tertera di bawah ini, akun tersebut juga menggungah tangkapan layar aplikasi WhatsApp yang berisi pesan pemblokiran akun sementara lantaran diduga menggunakan WhatsApp versi modifikasi, seperti WhatsApp GB.

Tangkapan layar tersebut disertai dengan pesan pada pengguna lain untuk berhenti menggunakan aplikasi WhatsApp GB (WA GB) bila tak ingin menjumpai masalah akun WA diblokir sementara.

Dari perbincangan di media sosial tersebut, sebenarnya kenapa tiba-tiba WA diblokir sementara? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang penyebab WA diblokir sementara yang tengah ramai dibicarakan.

Penyebab WA diblokir sementara

Tanda WA diblokir sementara adalah munculnya pesan di layar aplikasi yang menjelaskan bahwa akun telah “Diblokir Sementara”. Pesan umumnya disertai dengan batas waktu pemblokiran akun seperti yang tertera pada twit di atas.

Saat pesan akun WA diblokir sementara itu muncul, pengguna tak akan bisa mengakses semua layanan, seperti chat, voice call, video call, dan lainnya. Aplikasi WhatsApp hanya menampilkan pesan “Diblokir Sementara” ketika dibuka.

Dikutip dari laman resmi FAQ WhatsApp, masalah WhatsApp diblokir sementara bisa terjadi karena pengguna memakai aplikasi WhatsApp versi modifikasi (WhatsApp Mod), seperti WA GB, WA Aero, WA Yo, WA Plus, FMWhatsApp, dan lainnya.

Semua aplikasi WhatsApp Mod tersebut tidak dikembangkan secara resmi oleh pihak WhatsApp, tapi oleh pengembang pihak ketiga. Pengembangan aplikasi WhatsApp Mod sendiri sejatinya juga tidak mendapat izin dari pihak WhatsApp.

Jadi, dengan kata lain, aplikasi WA GB, WA Yo, dan sejenisnya, bisa disebut sebagai aplikasi ilegal. Untuk diketahui, WhatsApp Mod umumnya hanya tersedia pada ponsel berbasis Android, sedangkan iPhone tidak ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.