Kompas.com - 22/11/2022, 14:22 WIB

KOMPAS.com - Tahun ini, Samsung terbilang menjadi vendor ponsel yang berhasil mendistribusikan sistem operasi terbaru Android 13 lebih cepat ke pengguna.

Hal itu dimungkinkan karena Samsung sudah mulai mendistribusikan pembaruan antarmuka (update user interface/UI) OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 versi stabil sejak 24 Oktober lalu.

Sebagai perbandingan, distribusi update OneUI 5.0 ini lebih cepat dibanding antarmuka versi sebelumnya, yaitu OneUI 4.0. Tahun lalu, OneUI 4.0 berbasis Android 12 baru mulai disebar pada November 2021.

Kebanyakan vendor ponsel juga baru mulai menggelontorkan pembaruan antarmuka yang berbasis Android 13 pada bulan November 2022. Namun, Samsung berhasil "mencuri start" dengan meluncurkan OneUI 5.0 berbasis Android 13 versi stabil lebih awal di bulan Oktober 2022.

Baca juga: Ini Dia Ponsel Pertama Bikinan Samsung yang Meluncur Tahun 80-an

Samsung pun buka-bukaan soal alasan pihaknya bisa menghadirkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13 lebih cepat ke pengguna dalam acara diskusi Roundtable OneUI secara virtual, hari ini, Selasa (22/11/2022) siang.

Menurut Samsung, alasan Android 13 lebih cepat ke pengguna adalah karena kolaborasi Samsung dengan Google sebagai pengembang OS Android.

"Sejak peluncuran perangkat ponsel lipat Galaxy Z Flip/Fold 4 pada Agustus lalu, kami telah melakukan kolaborasi engineering yang mendalam dengan Google," ungkap Sally Jeong, Head of Framework R&D, Mobile eXperience Business Samsung Electronics.

Dari kolaborasi tersebut, Samsung bisa melihat lebih awal fitur-fitur Android apa saja yang sekiranya bakal disertakan lewat update OneUI 5.0.

Lewat kolaborasi dengan Google tersebut, Samsung bisa menanggulangi sejumlah tantangan yang biasa dihadapi ketika mendesain antarmuka dengan sistem operasi baru. Sebut saja seperti material user interface dan tema.

"Kami juga mencoba mengurangi ketergantungan add-on OS sehingga memungkinkan untuk mempercepat seluruh proses mendesain dan mendistribusikan (antarmuka) kami yang baru," kata Jeong.

Baca juga: Samsung OneUI 5.0 Mulai Disebar, Ini Jadwal dan Daftar Ponsel yang Kebagian Lebih Awal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.