Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy M14 5G, Pakai Exynos 1330?

Kompas.com - 22/11/2022, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung dirumorkan tengah mempersiapkan ponsel kelas menengah (mid-range) terbarunya dari lini M-series, yang diduga bernama Samsung Galaxy M14 5G.

Informasi bocoran nama model tersebut ditemukan di situs benchmark, Geekbench. Dalam laporannya, ponsel yang memiliki nomor model SM-M146B diduga kuat sebagai ponsel Galaxy M14 5G.

Konon, ponsel tersebut diyakini akan mengandalkan chipset bikinan perusahaan sendiri, yaitu Exynos octa-core. Di situs Geekbench, chipset yang digunakan memiliki nomor seri s5e8535 octa-core (delapan inti) yang dipadankan dengan RAM 4 GB.

Chipset tersebut terbagi menjadi dua klaster, yang mana klaster pertama memiliki dua inti dengan clockspeed hingga 2,4 GHz. Sementara klaster kedua memiliki enam inti dengan kecepatan 2,0 GHz. Sedangkan, pengolah grafisnya tertulis menggunakan GPU Mali-G68.

Baca juga: Tradisi Exynos Bakal Berakhir di Samsung Galaxy S23?

Meskipun tidak dirinci lebih lanjut model chipset yang digunakan, moniker dari chipset tersebut diprediksi adalah Exynos 1330, chipset baru yang belum dluncurkan perusahaan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari My Smart Price, Senin (21/11/2022).

Selain itu, di situs Geekbench, ponsel ini juga mendapatkan skor untuk kinerja single-core sebesar 715 poin dan kinerja multi-core sebesar 2.051 poin.

Bocoran lainnya mengungkapkan bahwa Galaxy M14 5G akan menjalankan sistem operasi (OS) terbaru Samsung, yaitu Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) OneUI 5.0.

Menurut laporan dan prediksi My Smart Price, Galaxy M14 5G kali ini diyakini sebagai versi rebadged, alias versi kembaran dari Galaxy A14 5G.

Dikatakan “kembar” karena sejumlah spesifikasi kedua perangkat cukup serupa, atau bisa dibilang sama. Sebelumnya, bocoran spesifikasi Galaxy A14 5G sudah mulai berseliweran di dunia maya.

Baca juga: Bocoran Wujud Samsung Galaxy A54, Bakal Berbeda dari Biasanya?

Lalu, saat dibandingkan dengan Galaxy M14 5G, keduanya memiliki spesifikasi yang cukup identik. Misalnya, Galaxy M14 5G disinyalir akan mengadopsi layar Full HD Plus dengan bentang seluas 6,8 inci.

Selain itu, kamera belakang beresolusi 50 MP, ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000mAH. Kabar lainnya mengungkapkan kamera selfie Galaxy M14 5G adalah 16 MP.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa informasi spesifikasi di atas masih bersifat rumor dan belum resmi. Samsung sendiri diprediksi akan meluncurkan perangkat terbarunya pada awal tahun 2023 di India. Jadi, kita tunggu saja apakah rumor-rumor di atas sesuai prediksi atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com