Kompas.com - 22/11/2022, 17:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada April 2019 lalu, Ubisoft bekerja sama dengan platform distribusi game Epic Games Store untuk membuat game-game PC terbitan mereka dirilis secara eksklusif di sana.

Kerja sama ini mengakibatkan salah satu game Ubisoft teranyar kala itu, yaitu Anno 1800 "ditendang" dari Steam, dan sejak saat itu, Ubisoft belum merilis game apapun di platform distribusi game milik Valve tersebut.

Kini menjelang akhir 2022 atau setelah tiga tahun menghilang dari Steam, Ubisoft bakal kembali (comeback) ke platform distribusi game populer itu melalui beberapa game andalannya.

Salah satunya adalah Assassin's Creeed Valhalla yang kabarnya bakal dirilis di Steam pada 6 Desember 2022 mendatang, bertepatan dengan tanggal rilis pembaruan konten terakhir di game tersebut.

Baca juga: Gamer Bersiaplah, Harga Game di Steam Bisa Lebih Mahal

Dalam sebuah wawancara, Ubisoft mengatakan bahwa langkah ini merupakan salah satu upaya mereka untuk menghadirkan game-game yang dirilis mereka ke lebih banyak pengguna.

"Kami terus mengevaluasi strategi kami supaya game-game Ubisoft bisa dimainkan lebih banyak orang, sekaligus memberikan ekosistem game yang baik melalui Ubisoft Connect," ujar juru bicara Ubisoft Jessica Roache, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Eurogamer, Selasa (22/11/2022).

Selain game terbaru seri Assassin's Creed keluaran 10 November 2020 itu, Ubisoft juga bakal meluncurkan beberapa game lainnya di Steam.

Dua di antaranya adalah Anno 1800 yang sempat dihapus dari Steam pada 2019 lalu, serta Roller Champions. Meski demikian, belum ada informasi kapan kedua game ini bakal dirilis di Steam.

Assassins Creed Valhallamobilesyrup.com Assassins Creed Valhalla
Tidak disebutkan pula apakah game-game andalan Ubisoft lainnya yang dirilis setelah April 2019, seperti Far Cry 6, Rainbow Six Extraction, Watch Dogs: Legion, Ghost Recon Breakpoint, hingga The Division 2, bakal ikut dirilis ke Steam atau tidak.

Yang jelas, Roache mengeklaim bahwa Ubisoft hingga saat ini terus bekerja sama dengan Valve, terlepas dari rumor yang ada dan absennya game-game terbaru Ubisoft sejak April 2019 lalu.

Baca juga: Steam Umumkan Jadwal Baru Steam Sale, Tak Lagi Ada Lunar New Year Sale

Sebelumnya, rumor terkait comeback Ubisoft di Steam sudah menyeruak sejak Juli 2021 lalu. Kala itu, Ubisoft mengatakan bahwa kesuksesan konsol game Valve, Steam Deck bisa menjadi salah satu pertimbangan mereka untuk kembali hadir di Steam.

Rumor tersebut lantas diikuti dengan beberapa kabar lainnya yang mengatakan bahwa sejumlah kode game dan layanan Ubisoft sudah muncul di Steam,

Terkait Steam Deck, Roache memastikan bahwa hingga saat ini, Ubisoft belum memiliki informasi apakah game-game keluaran perusahaan game asal Paris, Perancis ini bakal hadir di konsol portabel bikinan Valve tersebut atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.