Kompas.com - Diperbarui 23/11/2022, 07:57 WIB

KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 (World Cup 2022) mulai bergulir sejak 20 November lalu di Qatar. Kendati telah bergulir, sebagian pengguna di Indonesia mungkin belum mengetahui Piala Dunia 2022 bisa ditonton di mana.

Nonton Piala Dunia 2022 salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengakses channel siaran di perangkat TV (televisi). Lantas, Piala Dunia 2022 disiarkan di channel apa saja? Terdapat empat channel penyiar resmi Piala Dunia 2022 di Indonesia dari EMTEK Group.

Baca juga: Daftar Channel TV dan Platform Streaming Resmi untuk Nonton Piala Dunia 2022

Adapun empat channel Piala Dunia 2022 itu adalah SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji. Keempat channel Piala Dunia 2022 di Indonesia tersebut menayangkan pertandingan melalui siaran digital secara gratis tanpa perlu berlangganan alias Free-to-Air (FTA).

Dengan siaran digital, pengguna bisa nonton Piala Dunia 2022 dengan kualitas gambar dan audio yang lebih baik dari siaran analog. Lantas, apakah bisa nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung biasa lewat keempat channel tersebut lewat siaran digital?

Untuk diketahui, jenis perangkat TV tabung umumnya tidak bisa langsung digunakan menayangkan siaran digital. Ini dikarenakan TV tabung tidak dibekali dengan fitur bawaan DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial).

Kendati tak bisa langsung dipakai, namun TV tabung tetap bisa digunakan untuk nonton Piala Dunia 2022 lewat siaran digital dengan syarat telah dipasangkan perangkat tambahan STB (Set Top Box) atau Digital TV Box.

STB berfungsi untuk menerima dan mengonversi tayangan digital Piala Dunia 2022 supaya dapat muncul di TV tabung biasa. Dengan STB, TV tabung dapat berubah menjadi layaknya TV digital yang dapat menayangkan siaran digital.

Lantas, bagaimana cara nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung lewat siaran digital dari SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji.

Cara nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung

  • Sambungkan antena, STB, dan perangkat TV tabung. Hubungkan kabel antena ke port “ANT IN” yang tersedia di STB. Setelah itu, hubungkan STB dengan TV tabung menggunakan kabel AV (kabel merah, kuning, dan putih).
  • Setelah tersambung semua, silakan nyalakan STB dan TV tabung.
  • Kemudian, masuk ke menu pengaturan TV tabung, pilih mode output tampilan AV dan menu pengaturan STB bakal muncul.
  • Setelah pengaturan menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Di opsi ini, pada beberapa STB, terkadang terdapat pengaturan kode pos. Bila pengaturan itu tersedia, silakan isi kode pos sesuai wilayah domisili.
  • Kemudian, silakan tekan opsi "Pencarian Otomatis". STB akan secara otomatis mencari sinyal siaran TV digital yang tersedia di sekitar wilayah domisili.
  • Saat proses pemindaian selesai, daftar channel siaran digital yang tersedia bakal muncul di TV tabung.

Dari daftar channel siaran digital yang tersedia, pastikan di dalamnya terdapat channel SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji untuk menonton Piala Dunia 2022. Bila salah satu atau semua channel tersebut tak muncul, coba untuk cek jangkauan sinyalnya di wilayah domisili.

Baca juga: Harga Paket Streaming Piala Dunia 2022 Telkomsel, Indosat, dan Tri, serta Cara Daftarnya

Cara cek jangkauan sinyal siaran digital

Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.