Kompas.com - 22/11/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 (World Cup 2022) di Qatar telah berlangsung sejak 20 November lalu. Di Piala Dunia kali ini, terdapat 32 tim negara yang bertanding. Pertandingan dijadwalkan berakhir pada babak final perebutan juara di 18 Desember mendatang.

Bila hendak mengikuti, lantas Piala Dunia 2022 bisa ditonton di mana? Setidaknya terdapat dua wadah yang bisa dimanfaatkan untuk Nonton Piala Dunia 2022, yakni perangkat TV (televisi) dan platform streaming Vidio.

Baca juga: Cara Cek Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 lewat Aplikasi dan Website

Untuk nonton Piala Dunia 2022 di Vidio, pengguna perlu berlangganan paket terlebih dahulu dan membutuhkan koneksi internet. Cara streaming Piala Dunia 2022 di Vidio bisa dibaca lebih lanjut pada artikel ini “Cara Streaming Piala Dunia 2022 di Vidio”.

Bila di Vidio perlu langganan dan koneksi internet, lantas bagaimana dengan di TV? Apakah nonton Piala Dunia 2022 di TV gratis atau berbayar juga? Nonton Piala Dunia 2022 di TV pada dasarnya gratis.

Piala Dunia 2022 tayang di Indonesia lewat channel TV pemegang hak siar resmi dari EMTEK Group yang terdiri dari SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji. Keempat channel Piala Dunia 2022 itu menayangkan pertandingan melalui siaran digital dan Free-to-Air.

Adapun maksud dari Free-to-Air adalah tayangan disiarkan secara gratis dari penyiar atau channel TV. Oleh karena itu, akses tontonan Piala Dunia 2022 di TV tidak membutuhkan biaya langganan seperti pada platform streaming Vidio.

Kemudian, pengguna juga tidak perlu memiliki koneksi internet bila hendak nonton Piala Dunia 2022 di TV. Jadi, menonton pertandingan Piala Dunia 2022 di TV sama halnya menonton program lain yang dapat dilakukan tanpa butuh koneksi internet.

Cara nonton Piala Dunia 2022 di TV

Ilustrasi cara mencari siaran TV digital.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Ilustrasi cara mencari siaran TV digital.

Lantas, bagaimana cara nonton Piala Dunia 2022 di TV? Pertama, pengguna bisa memakai perangkat TV digital yang telah didukung fitur bawaan DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Secong Generation Terrestrial).

Kedua, bisa pula memakai perangkat TV analog biasa, seperti TV tabung, dengan syarat harus dipasangkan perangkat tambahan STB (Set Top Box). STB berfungsi untuk menerima dan mengonversi tayangan digital Piala Dunia 2022 agar muncul di TV analog.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.