Kompas.com - 23/11/2022, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Elon Musk memecat karyawan sejak hari pertamanya ngantor di kantor pusat Twitter. Bila dikalkulasikan, tercatat hampir dua per tiga karyawan Twitter terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) usai Elon Musk mengakuisisi perusahaan.

Sekarang, Elon Musk berkata bahwa putaran PHK sudah selesai. Twitter juga diklaim mulai membuka lowongan pekerjaan khususnya untuk divisi teknik dan penjualan. Klaim ini disampaikan orang terkaya dunia tersebut dalam pertemuan dengan karyawan.

Belum jelas peran teknis apa yang akan direkrut oleh Twitter. Sebab, situs resmi perusahaan juga belum mencantumkan informasi seputar lowongan pekerjaan. Namun Musk berkata bahwa prioritasnya adalah pengembang software.

Baca juga: Berontak ke Elon Musk, Karyawan Twitter Kompak Resign Berjemaah

"Dalam hal perekrutan, menurut saya orang yang mahir dalam membuat software adala prioritas utama," ujar Musk dalam pertemuan karyawan, dikutip KompasTekno dari The Verge.

Selain menyatakan PHK sudah tuntas, Musk juga memastikan bahwa kantor pusat Twitter tetap di San Francisco, tidak pindah ke Texas. Pasalnya isu yang beredar menduga Musk mungkin memindahkan kantor Twitter ke Texas sebagaimana ia memindahkan kantor Tesla.

"Jika kami ingin memindahkan kantor pusat ke Texas, saya kira itu akan menjadi gagasan bahwa Twitter berubah dari sayap kiri menjadi sayap kanan, padahal tidak demikian," ujar Musk dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (23/11/2022).

Terkait jumlah karyawan Twitter yang tersisa, menurut sumber internal saat ini jumlahnya 2.700 orang lebih. Angka ini turun drastis dari sekitar 7.500 karyawan, ketika Twitter belum diakuisisi oleh Elon Musk.

Dalam pertemuan yang sama Musk mengakui bahwa reorganisasi yang sedang berlangsung di internal Twitter akan sedikit kacau pada awalnya. Namun ia yakin kondisi ini akan stabil seiring waktu berjalan.

Baca juga: Elon Musk ke Pegawai Twitter: Kerja Keras atau Resign

Tak hanya merombak struktur organisasi perusahaan, Musk juga berniat menata ulang teknologi Twitter. Menurut Musk, formula yang baik adalah dengan mendesentralisasikan teknologi dan menetapkan tim teknik di Jepang, India, Indonesia serta Brasil.

Putaran PHK Twitter oleh Elon Musk

Keputusan PHK sudah berlaku di Twitter sejak perusahaan dibeli oleh Elon Musk. Pada hari pertama Musk berkantor di kantor pusat Twitter, yaitu pada Kamis 27 Oktober waktu AS, sejumlah eksekutif perusahaan dipecat.

Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.