Kompas.com - 23/11/2022, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah melakukan migrasi TV analog ke digital (analog switch off/ASO) untuk wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 2 November 2022.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengungkapkan ada enam kota lain yang akan menyusul dimatikan siaran TV analognya.

Hal tersebut disampaikan Johnny saat berbicara dalam rapat kerja Kominfo bersama Komisi I DPR RI yang disiarkan secara virtual hari ini, Rabu (23/11/2022).

"Kami merencanakan untuk melakukan pengumuman analog switch off( ASO) dalam waktu dekat di enam wilayah," kata Johnny, sebagaimana dikuti KompasTekno dari saluran YouTube Komisi I DPR RI Channel, Rabu siang.

Baca juga: Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa di TV Analog

Adapun keenam kota tersebut masuk ke dalam lima wilayah siaran. Berikut daftar 6 wilayah yang bakal dimatikan siaran TV analognya, sebagai berikut:

  • Jawa Barat-1: Kota Bandung dan sekitarnya
  • Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya
  • DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan sekitarnya
  • Jawa Timur-1: Kota Surabaya dan sekitarnya
  • Kepulauan Riau-1: Kota Batam dan sekitarnya

Meski begitu, Johnny belum bisa mengungkap secara pasti kapan jadwal suntik mati siaran TV digital di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, dan Batam itu bakal dilaksanakan.

Sebab, kata Johnny, ASO sangat bergantung kepada beberapa faktor seperti kesiapan infrastruktur mux, kesiapan lembaga penyiaran bermigrasi ke siaran digital, dan distribusi STB untuk keluarga miskin di wilayah tersebut.

Walau belum ada tanggal pastinya, pemirsa televisi di wilayah Bandung, Semarang, dan 4 wilayah lainnya seperti disebut di atas untuk bersiap-siap menyongsong ASO.

Untuk mengetahui apakah TV sudah mendukung siaran digital atau belum, bisa melalui pengecekan manual. Selengkapnya seperti dalam artikel berikut ini: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya.

Masyarakat pun bisa mengecek apakah Smart TV dan Android TV mereka mendukung siaran digital atau belum melalui halaman resmi Kementerian Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.