Kompas.com - Diperbarui 24/11/2022, 07:50 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, aplikasi FacePlay tampak tengah ramai dicari oleh pengguna di mesin pencari Google (Google Search). Terpantau di Google Search, terdapat lebih dari 5.000 pencarian “FacePlay” per 23 November 2022, sekitar pukul 12.00 WIB.

Maraknya penggunaan aplikasi FacePlay sejatinya bukan terjadi baru-baru ini. Informasi penggunaan aplikasi FacePlay telah ramai dibagikan di media sosial seperti Instagram dan TikTok, sejak awal tahun 2022.

Baca juga: Viral di TikTok, Begini Cara Membuat Video Moon Phase Tanggal Lahir Sendiri dan Pasangan

Kendati mungkin telah ramai dicari atau digunakan, namun bukan berarti semua pengguna telah memahami aplikasi FacePlay untuk apa. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu FacePlay beserta cara menggunakannya.

Apa itu FacePlay?

FacePlay adalah aplikasi yang memiliki fitur utama untuk mengubah atau mengganti wajah pengguna di foto dengan wajah orang lain dari tokoh atau karakter tertentu, misalnya anime. Fitur dari FacePlay juga bisa berlaku sebaliknya.

Jadi, pengguna bisa memilih templat foto atau video yang tersedia di FacePlay untuk diubah agar menggunakan wajah pribadi. Dengan kemampuan itu, FacePlay biasa disebut juga dengan aplikasi pengganti wajah.

FacePlay didukung dengan teknologi face recognition (pengenalan wajah). Dengan teknologi itu, FacePlay mampu menyeleksi objek wajah dari foto yang diunggah pengguna ke aplikasi. Setelah terseleksi, wajah tersebut akan menggantikan wajah di templat.

Faceplay bisa didapatkan secara mudah. Untuk download FacePlay, caranya silakan kunjungi toko aplikasi di masing-masing ponsel, Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Download FacePlay di kedua toko aplikasi tersebut tidak membutuhkan biaya pembelian alias gratis. Kendati mengunduhnya gratis, namun FacePlay menawarkan biaya langganan di aplikasi untuk meningkatkan akun menjadi premium.

Akun premium FacePlay didaftarkan dengan harga langganan mulai Rp 39.000 per minggu. Akun premium FacePlay menawarkan beberapa kelebihan daripada akun biasa yang gratis. Contohnya, seperti bebas akses templat foto atau video dan bebas iklan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu FacePlay dan kegunaannya. Lantas, aplikasi FacePlay apakah aman untuk digunakan?

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.