BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Boyong Dual Sensor Flagship dari Sony, Ini 4 Keunggulan Oppo Find X5 Pro 5G

Kompas.com - 24/11/2022, 11:52 WIB

 

KOMPAS.com – Salah satu pabrikan ponsel kenamaan, Oppo, terkenal akan inovasinya dalam pengembangan teknologi di sektor kamera. Terbaru, Oppo menggandeng produsen kamera Hasselblad dan Sony pada flagship smartphone Oppo Find X5 Pro 5G.

Untuk diketahui, kamera buatan Hasselblad pernah diboyong dalam misi ke Bulan. Selain itu, kamera Hasselblad juga digunakan untuk pemotretan foto kover album grup musik kondang asal Inggris, The Beatles.

Dengan Sony, Oppo menyematkan dual sensor flagship milik pabrikan tersebut, yakni Sony IMX766 pada kamera utama beresolusi 50 megapiksel (MP) dan Sony IMX709 pada kamera depan beresolusi 32 MP.

Lantas, apa saja keunggulan yang dibawa oleh Hasselblad dan dua sensor flagship Sony tersebut pada Oppo Find X5 Pro 5G? Berikut adalah ulasannya.

Baca juga: Ingin Tangkapan Gambar dengan Smartphone Saat Menonton Konser Lebih Optimal? Ini Caranya

1. Fotografi kualitas tinggi

Untuk diketahui, Hasselblad merupakan perusahaan yang sudah puluhan tahun malang melintang di industri teknologi kamera.

Salah satu hasil kolaborasi yang diwujudkan Oppo bersama Hasselblad adalah teknologi Natural Color Calibration yang disematkan pada kamera Oppo Find X5 Pro 5G. Fitur ini mampu menghasilkan gambar dengan warna yang lebih natural dan akurat.

Guna mendukung Oppo Find X5 Pro 5G sebagai flagship smartphone terbaik di kelasnya, Oppo juga membekali kamera ponsel ini dengan fitur mode XPAN dan creative master filter.

Adapun fitur mode XPAN dapat digunakan untuk mengambil gambar format panorama dengan kualitas ketajaman tinggi. Selain itu, mode ini juga bisa dioptimalkan untuk mengambil gambar dengan perspektif yang lebih unik.

Baca juga: Sebelum Sampai ke Tangan Konsumen, Begini Tahapan Pembuatan Smartphone Berkualitas Tinggi

Sementara, fitur creative master filter dapat membantu mempercantik hasil foto. Dengan fitur ini, pengguna Oppo Find X5 Pro 5G bisa menambahkan filter foto khas Hasselblad, yakni Radiance, Serenity, dan Emerald.

Oppo Find X5 Pro 5G. Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

2. Foto malam antipecah

Chief Creative Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan, hasil fotografi dan video pada malam hari merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki kamera Oppo Find X5 Pro 5G.

"Impian untuk dapat menangkap tidak hanya gambar diam, tetapi juga video yang luar biasa dalam situasi apa pun telah terwujud (pada Oppo Find X5 Pro 5G),” ujar Patrick dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (24/11/2022).

Patrick menjelaskan, keandalan performa kamera Oppo Find X5 Pro 5G didapat berkat fitur unggulan, yaitu 4K Ultra Night Video. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan kualitas video pada malam hari dengan hasil jernih.

Baca juga: Intip 5 Tips Berikut agar Hidup Lebih Sehat dan Seimbang bersama Oppo Band 2

Hasil itu didapat berkat kombinasi Artificial Intelligence Noise Reduction (AINR) dan 3D Noise-Reduction 3DNR yang dihasilkan oleh neural processing unit (NPU) MariSilicon X. Kombinasi ini belum pernah ada di ponsel flagship manapun.

Untuk diketahui, AINR merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Oppo Research Institute. Algoritma tersebut diklaim mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap frame foto dan diproses secara pixel by pixel sehingga dapat mempertahankan detail gambar, warna kulit, serta warna obyek yang lebih halus dan akurat.

Sementara, 3DNR bekerja dengan membandingkan frame berikutnya untuk merepresentasikan gambar sesuai aslinya. Kombinasi kedua teknologi tersebut membuat Oppo Find X5 Pro 5G bisa memaksimalkan detail dan rentang dinamis video yang dibuat.

Smartphone Flagship OPPO Find X5 Pro 5G dengan Kamera Hasselblad.Dok. Oppo Smartphone Flagship OPPO Find X5 Pro 5G dengan Kamera Hasselblad.

3. Kualitas selfie tajam dan akurat

Oppo tak hanya fokus mengembangkan kamera belakang. Di bagian kamera depan, Oppo juga serius memberikan teknologi terbaik, yakni sensor Sony IMX709 yang sudah terintegrasi dengan MariSilicon X.

Baca juga: Seperti Apa TWS yang Cocok untuk Aktivitas Kerja Hibrida dan WFA?

Penyematan sensor dari Sony tersebut dapat menghasilkan kualitas selfie yang lebih baik, tekstur gambar yang lebih tajam, dan warna yang lebih akurat, meskipun foto diambil dalam kondisi minim cahaya atau low light.

Kamera depan juga secara otomatis beralih dari wide-angle 80 derajat menjadi 90 derajat saat mendeteksi lebih banyak orang pada saat group selfie. Dengan begitu, semua orang akan terlihat saat mengambil foto.

Dengan kombinasi kamera belakang dan depan yang dilengkapi teknologi canggih, Oppo Find X5 Pro 5G menjadi smartphone yang sangat mumpuni untuk berbagai aktivitas atau kegiatan.

4. Videografi stabil kelas sinema

Guna menyokong kemampuan videografi stabil kelas sinema, Oppo Find X5 Pro 5G telah dilengkapi fitur 4K AI Night. Untuk diketahui, Oppo Find X5 Pro 5G merupakan smartphone pertama yang memiliki fitur ini.

Baca juga: 5 Spesifikasi Wajib di Smartphone untuk Mainkan Game Grafis Berat

Fitur tersebut mampu menghasilkan video beresolusi 4K dengan 60 frame per seconds (fps) yang seolah terdiri dari foto-foto yang diambil menggunakan mode malam. Alhasil, rekaman yang dibidik tampak jernih dan terang pada setiap pencahayaan, meski dalam resolusi dan fps tinggi.

Adapun hasil video yang stabil juga didapat berkat fitur AI Highlight Video dan Ultra Steady Pro.

Kemampuan videografi Oppo Find X5 Pro 5G merupakan hasil perpaduan antara hardware dan software mumpuni. Selain NPU MariSilicon X, ponsel pintar ini juga dibekali artificial intelligence (AI) yang telah ditingkatkan dan kedalaman warna 20-bit RAW Plus Dynamic Range hingga 120 db. Dengan begitu, baik kamera depan maupun belakang bisa bekerja lebih optimal.

Oppo Find X5 Pro 5G seri white ceramicsOppo Oppo Find X5 Pro 5G seri white ceramics

Selain itu, NPU tersebut juga mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap gambar yang diambil. Berkat NPU ini, perekaman video Oppo Find X5 Pro 5G memiliki performa 20 kali lebih baik ketimbang Oppo Find X3 Pro.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Fotografi Makro dan Mikro

Untuk menunjang performa fotografi dan videografi, Oppo Find X5 Pro 5G sudah dilengkapi system on chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1 dan dukungan random access memory (RAM) 12 gigabita (GB) serta penyimpanan internal (ROM) 256 GB.

Snapdragon seri tersebut dibuat dengan fabrikasi 4 nm dan arsitektur Armv9 yang terdiri dari tiga klaster prosesor.

Pada klaster pertama, chipset tersebut dipadukan dengan Cortex-X2 berkecepatan clock 3,0 gigahertz (GHz). Adapun klaster kedua, terdapat tiga core Cortex-A710 berkecepatan 2,5 GHz. Sementara pada klaster ketiga, Qualcomm menyematkan empat core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GH.

Dengan chipset tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menjalankan beragam fitur sekaligus, mulai dari koneksi 5G, fingerprint, AI, game, Wi-Fi 6, hingga Bluetooth 5.2.

Baca juga: Dari Ilustrasi Puisi hingga Film Pendek, Ini Deretan Karya Seni Berkualitas yang Dibuat dengan Oppo Find X Series

Selain itu, CPU tersebut juga didukung pengolahan grafis GPU Adreno 730 yang mampu mempertahankan efisiensi daya hingga 25 persen.

Baterai yang dibenamkan pun berkapasitas 5.000 miliampere per hour (mAh) yang didukung fitur pengisian daya cepat 80W SuperVOOC serta pengisian tanpa kabel 50W AirVOOC.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp 14.999.000. Pilihan warna yang tersedia adalah Ceramic White dan Glaze Black.

Informasi secara lengkap mengenai Oppo Find X5 Pro 5G bisa didapat dengan mengunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.