Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Kunci Xiaomi 13 Bocor, Pakai Snapdragon 8 Gen 2 dan Kamera Leica

Kompas.com - 24/11/2022, 13:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi disinyalir tengah mempersiapkan ponsel kelas atas terbarunya yang konon bernama Xiaomi 13. Smartphone ini disebut akan meluncur dalam waktu dekat.

Bocoran demi bocoran pun beredar di dunia maya. Bocoran terbaru mengungkap spesifikasi kunci Xiaomi 13.

Laporan terbaru itu muncul dari pembocor gadget kenamaan asal China, Digital Chat Station. Melalui halaman media sosialnya, ia mengungkapkan bahwa semua model Xiaomi 13 series akan mengandalkan chipset teranyar besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm).

Dugaan tersebut juga semakin diperkuat melalui pernyataan CEO sekaligus pendiri Xiaomi Lei Jun, yang sempat mengonfirmasi bahwa perangkat Xiaomi akan ditenagai chipset Qualcomm. 

Selain chipset yang seragam, semua model Xiaomi 13 juga disebut akan dibekali kamera Leica. Hal ini mengindikasikan bahwa kedua perusahaan melanjutkan kemitraan mereka setelah memproduksi perangkat Xiaomi 12S.

Baca juga: Xiaomi Bikin Teknologi Fast Charging 210W, Ngecas Penuh Cuma 8 Menit?

Dalam bocoran yang sama, dikatakan juga bahwa Xiaomi 13 varian "Pro" akan menggunakan sensor Sony IMX989 yang sebelumnya juga digunakan oleh Xiaomi 12S Ultra.

Konfigurasi kamera yang dimiliki Xiaomi 13 Pro juga konon akan sama seperti 12S Ultra, yakni kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 48 MP, dan lensa telefoto 48 MP.

Beralih ke sektor software, Xiaomi 13 kabarnya sudah membawa sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka khas Xiaomi, yaitu MIUI 14 sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Kamis (24/11/2022).

Bocoran tampang Xiaomi 13

Selain spesifikasi, bocoran tampang Xiaomi 13 juga sudah banyak beredar di internet.

Xiaomi 13 series bakal dirancang dengan desain tepian yang (flat) dan tegas, serupa dengan iPhone 14. Selain itu, bingkai aluminium pada tepi ponsel juga tampak menyerupai ponsel bikinan Apple.

Bocoran gambar yang diungkap oleh OnLekas bersama CompareDial juga menunjukkan bahwa perangkat akan memiliki tombol pengatur volume suara dan daya di bagian kanan perangkat.

Sementara itu, di sisi bawahnya dilengkapi mikrofon, speaker, serta port USB-C untuk pengisian daya.

Bocoran desain Xiaomi 13OnLeaks x CompareDial Bocoran desain Xiaomi 13

Pada bagian belakang, Xiaomi 13 akan memiliki modul berbentuk persegi dengan sudut membulat. Ketiga sensor kamera belakang dibenamkan ke setiap sudut modul disertai dengan lampu kilat LED.

Baca juga: Siap-siap, Xiaomi 12T 5G Meluncur 1 Desember di Indonesia

Sedangkan pada bagian layarnya, smartphone tersebut bakal tampil dengan bezel yang tipis dan dibekali layar OLED seluas 6,7 inci yang menawarkan resolusi 2K (2.000 piksel) tipe E6 bikinan Samsung.

Adapun Xiaomi 13 sendiri dikabarkan akan dirilis dalam dua model, yaitu versi reguler dan pro. Versi “pro” nantinya yang akan menjadi model tertinggi, sehingga spesifikasi yang dimiliki akan lebih memupuni dibanding versi reguler.

Menurut tipster bernama Yogesh Brar, Xiaomi 13 Pro bakal didukung beberapa varian RAM dari 8 hingga 12 GB serta media penyimpanan sebesar 512 TB. Perangkat juga akan ditopang oleh baterai beerkapasitas 4.800 mAH dengan pengisian daya cepat 120 watt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com