Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Pembobolan Data Penumpang dan Karyawan AirAsia | Saham Meta Melesat di Tengah Isu Mundurnya Zuckerberg | Arti Kata "YTTA" yang Ramai di Twitter

Kompas.com - 25/11/2022, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kabar pembobolan data 5 juta penumpang dan karyawan AirAsia menjadi salah satu berita teknologi yang cukup banyak dibaca pembaca KompasTekno.

Selain soal insiden kebocoran data AirAsia, berita soal saham Meta yang naik di tengah kabar mundurnya CEO Meta, Mark Zuckerberg juga menarik perhatian. Belakangan, Zuck disebut-sebut akan mundur sebagai CEO Meta tahun depan. Namun, kabar itu sudah dibantah pihak Meta.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita tekologi populer lain yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rangkuman berita-berita teknologi terpopuler di kanal KompasTekno.

Data 5 juta penumpang dan karyawan AirAsia dibobol

Sistem AirAsia menjadi sasaran serangan ransomware  yang dilakukan oleh Daixin Team, sehingga membuat data 5 juta penumpang dan karyawannya bobol. Situs DataBreaches mendapatkan kiriman data sampel dari Daixin Team dalam dua file berformat .csv.

Dokumen ini juga dikirimkan oleh kelompok hacker tersebut ke AirAsia Group. Mereka bermaksud meminta tebusan kepada AirAsia. Namun, menurut juru bicara Daixin, ketika menerima data sampel, AirAsia langsung bertanya teknis penghapusan data perusahaan di sistem Daixin, bila pihak maskapai sanggup membayar biaya tebusan.

Mereka tidak berupaya menegosiasikan biaya tebusan tersebut. Lantas, data penumpang dan karyawan AirAsia apa saja yang "disandera" peretas Daixin Team? Jawabannya ada di artikel "Data 5 Juta Penumpang dan Karyawan AirAsia Dibobol, Hacker Minta Tebusan".

Isu Zuck "resign" dari jabatan CEO, saham Meta malah naik

CEO Meta, Mark Zuckerberg, dilaporkan akan mengundurkan diri dari perusahaan pada 2023 mendatang. Informasi tersebut diungkap oleh salah satu outlet media asing, The Leak. Dalam laporannya, tertulis bahwa keputusan Zuckerberg undur diri karena laba perusahaan yang kian merosot.

Namun, pihak Meta telah membantah kabar tersebut. Menariknya, di tengah isu Zuckerberg "resign" dari jabatan CEO, justru saham Meta malah menanjak. Seberapa besar kenaikkan saham Meta di tengah isu mundurnya Zuckerberg? Rinciannya ada di artikel "Saham Meta Malah Naik setelah Mark Zuckerberg Dikabarkan Akan Mundur".

Viral mantra Harry Potter digunakan untuk nyalakan senter di HP

Media sosial Twitter, belakangan diramaikan dengan pembahasan mengenai salah satu mantra sihir dari film Harry Potter, yakni “Lumos” dapat dipakai untuk menyalakan lampu kilat atau Flash HP. Tidak cuma di Android, trik itu juga konon bisa dilakukan di iOS.

Dalam film fenomenal Harry Potter, mantra Lumos biasa diucapkan untuk membuat tongkat sihir bisa mengeluarkan cahaya, layaknya senter. Benarkah trik ini juga berhasil di iPhone dan ponsel Android? Ternyata, trik itu memang bisa dilakukan. Adapun caranya bisa disimak di artikel "Ramai Menyalakan Flash HP dengan Mantra Harry Potter “Lumos”, Apakah Bisa?"

Arti Kata "YTTA" yang bersliweran di Twitter

Ada banyak bahasa slang alias bahasa percakapan informal yang digunakan warganet, termasuk di platform Twitter. Salah satu yang cukup sering digunakan dan bersliweran adalah "YTTA".

Bila dilihat dari kebiasaan pengguna di media sosial, kata YTTA umumnya dipakai untuk mengungkapkan sesuatu hal atau peristiwa khusus yang hanya diketahui oleh segelintir orang saja. Tak hanya Twitter, kata YTTA juga marak dipakai di TikTok.

Apa sebenarnya arti kata YTTA yang banyak digunakan di Twitter dan TikTok?
Jawabannya ada di artikel "Arti Kata YTTA yang Tengah Ramai di Media Sosial Belakangan".

Bocoran tampilan WhatsApp dengan sidebar

WhatsApp terus-menerus menambahkan fitur baru ke platformnya. Tampaknya, anak perusahaan Meta itu juga sedang menyiapkan fitur baru yang akan turut mengubah tampilan WhatsApp.

Menurut situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, WA Beta Info, nantinya platform ini bakal memiliki menu samping alias sidebar. Menu sidebar itu kabarnya akan terletak di sisi kiri dan bisa dimunculkan dengan mengusap layar dari samping kiri ke kanan

Lantas, apa isi menu sidebar WhatsApp dan bagaimana bocoran tampilan WhatsApp yang baru setelah ada menu samping? Jawabannya ada di artikel "WhatsApp Bakal Punya Menu Baru di Samping, Begini Penampakannya".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com