Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bakal Beli Manchester United Rp 107 Triliun?

Kompas.com - 25/11/2022, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Apple dikabarkan tertarik membeli klub sepak bola asal Inggris, Manchester United (MU). Informasi tersebut diungkap oleh kantor berita asal Inggris Daily Star.

Menurut laporan Daily Star, Apple konon rela membayar 6,9 miliar dollar AS (sekitar Rp 107,9 triliun) untuk meminang klub sepak bola yang dimiliki oleh keluarga Glazer (The Glazers), yang meliputi Avram Glazer dan Joel Glazer, tersebut.

Disebutkan bahwa alasan CEO Apple, Tim Cook, ingin membeli Manchester United adalah karena Apple ingin menelusuri beragam potensi bisnis di industri sepak bola, industri yang belum pernah sama sekali Apple lirik.

Untuk membantu proses akuisisi, Cook, yang disebut Daily Star sebagai "salah satu miliarder asal AS", kabarnya bakal berdiskusi dengan beberapa lembaga finansial terkait.

Baca juga: Petinggi Apple Tutup Akun Twitter di Tengah Kegaduhan Elon Musk

Belum bisa dipastikan apakah kabar ini benar atau tidak. Sebab, pihak Apple sendiri belum memberikan kabar apapun soal akuisisi Manchester United.

Namun apabila akurat, maka ini merupakan pertama kalinya Apple melebarkan sayapnya ke ranah sepak bola. Sebelumnya, mereka hanya menyelipkan konten-konten terkait sepak bola di program serial eksklusif yang tayang di Apple TV, Ted Lasso.

Apple sebelumnya bekerja sama untuk penayangan siaran sepak bola liga Amerika Serikat Major Soccer League (MLS) bagi pelanggan Apple TV Plus.

Terkait penjualan Manchester United, The Glazer belakangan memang berniat menjual klub sepak bola yang mereka beli pada 2005 itu, pasca banyak penggemar MU yang meminta The Glazer keluar dari manajemen MU karena penanganan finansial yang buruk.

Awalnya, The Glazers berniat menjual klub sepak bola itu senilai 9,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 154,9 triliun), namun, belakangan mereka berencana untuk melepas MU ke pembeli dengan harga tertinggi, boleh jadi Apple tadi.

Baca juga: Bisnis Baru Lionel Messi, Game Sepak Bola dan Jersey Bekas Pemain

Jika kabar ketertarikan Apple terhadap Manchester United benar, hal tersebut akan menghadirkan "angin segar" bagi klub sepak bola yang dilatih oleh Erik ten Hag ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DailyStar, Jumat (25/11/2022).

Sebab, Apple kabarnya bisa membantu mendanai pembangunan stadium baru atau renovasi markas MU, stadion Old Trafford, yang konon sudah mulai usang dan memerlukan proses revitalisasi yang tentunya akan memakan biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com