Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Badan agar Anak Buah Tak Di-PHK, Bos Twitter Dipecat Elon Musk

Kompas.com - 25/11/2022, 12:31 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MSN

KOMPAS.com - Masih berkutat pada “drama” PHK di Twitter. Kali ini, CEO Twitter, Elon Musk dikabarkan melakukan pemecatan terhadap salah satu pimpinan perusahaan, yaitu kepala tim penjualan iklan Twitter, Robin Wheeler.

Pemecatan Wheeler menurut dua narasumber yang dipastikan mengetahui masalah ini, dilatarbelakangi oleh sikap Wheeler yang menentang keputusan Musk untuk mem-PHK karyawan dari divisinya.

Baca juga: Mantan Karyawan Twitter, Dipecat Elon Musk, Diincar Perusahaan Lain

Dengan keluarnya Wheeler dari perusahaan, ini membuat divisi penjualan iklan Twitter tidak lagi tersisa satu orang pun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MSN, Jumat (25/11/2022).

Bio di akun Twitter pribadi Wheeler (handle @robinw) sekarang tertulis “proud Ex-Twitter Sales Exec” (artinya “bangga (menjadi) Ex-Twitter Sales Executive”).

Ia juga mengunggah sebuah cuitan yang berbunyi “Kepada tim dan klien saya. Anda selalu menjadi satu-satunya prioritas saya”. Cuitan tersebut disertai emoji memberi hormat (salute), sebuah simbol yang kerap digunakan karyawan Twitter yang terdampak PHK.

Keputusan Musk memecat petinggi Twitter tersebut tampaknya terlihat “labil”. Sebab, pada 10 November lalu, Wheeler merupakan salah satu petinggi yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Baca juga: Elon Musk Sebut Indonesia dalam Rapat Twitter, Soal Apa?

Namun, keputusan tersebut ditolak, Musk membujuknya untuk tetap bekerja di perusahaan. Satu minggu setelahnya, CEO Twitter baru itu berubah pikiran dan memutuskan untuk memecat Wheeler hanya karena dirinya menolak memecat lebih banyak karyawan.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Twitter ataupun Wheeler sendiri. Posisi kepala tim penjualan iklan pun digantikan oleh mantan wakil presiden Twitter untuk wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com