Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kanal Donasi yang Bisa Dimanfaatkan untuk Membantu Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 26/11/2022, 08:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pada Senin siang, 21 November 2022, pukul 13.21 WIB, gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur. Total tercatat terdapat 15 kecamatan di Kabupaten Cianjur yang terdampak oleh gempa ini.

BNPB mencatat setidaknya ada 56.311 rumah serta ratusan fasilitas yang rusak akibat gempa Cianjur. Selain itu, gempa Cianjur dilaporkan telah menelan korban meninggal dunia sebanyak 272 orang per 24 November 2022, sebagaimana dilansir Kompas.com.

Baca juga: Gempa Cianjur, Kominfo dan Operator Telekomunikasi Upayakan Pemulihan Jaringan

Dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak atau korban gempa Cianjur, sejumlah pihak pun membuka kanal untuk mengumpulkan donasi dan menyalurkannya.

Bila hendak turut membantu kebutuhan korban gempa Cianjur, berikut adalah lima kanal resmi yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan donasi.

Daftar kanal resmi donasi gempa Cianjur

1. Kitabisa

Kanal donasi gempa Cianjur yang pertama adalah Kitabisa. Di Kitabisa, terdapat sejumlah penggalang dana untuk donasi gempa Cianjur, salah satunya yang sudah terverifikasi adalah KG Media.

Bila ingin berdonasi melalui kanal penggalang dana KG Media di Kitabisa, caranya silakan kunjungi tautan ini. Setelah terbuka, tekan tombol “Donasi Sekarang” dan masukkan nominal donasinya.

Pembayaran bisa dilakukan via dompet digital DANA, GoPay, dan lainnya. Donasi yang diberikan nanti akan disalurkan guna membantu memenuhi kebutuhan dasar para korban gempa cianjur, seperti sembako, perlengkapan kebersihan, obat-obatan, dan sebagainya.

2. Baznas

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga membuka kanal pengumpulan donasi atau sedekah untuk korban gempa Cianjur. Untuk berdonasi lewat Baznas, caranya bisa dengan mengunjungi tautan ini.

Setelah tautan terbuka, masukkan nominal sedekah atau donasi yang hendak diberikan. Kemudian, isi data diri dan lanjutkan ke proses pembayaran. Di Baznas, pembayaran donasi bisa melalui dompet digital atau transfer bank.

Sedekah yang terkumpul akan digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan korban gempa Cianjur, seperti makanan, obat-obatan, perlengkapan bayi, masker, selimut, perlengkapan kebersihan, alat ibadah, dan sebagainya.

3. Lazismu

Kanal donasi gempa Cianjur resmi yang ketiga adalah Lazismu, lembaga zakat, infak, dan sedekah dari organisasi Islam Muhammadiyah. Untuk berdonasi di Lazismu, caranya bisa melalui transfer ke rekening-rekening bank atas nama “Lazis Muhammadiyah” di bawah ini:

  • BSI 9513944400
  • BCA 8780171171
  • Mandiri 1230099008999
  • Mega Syariah 1000014800
  • Muamalat 3250191211

Dikutip dari akun instagram resmi Lazismu, donasi diharapkan dikirim dengan nominal yang disertai kode unik “013”, misalnya “Rp 50.013”. Setelah mengirim donasi, silakan untuk konfirmasi di nomor WhatsApp ini 08561626222.

Donasi yang terkumpul nanti digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok korban gempa Cianjur, seperti makanan, sembako, alat ibadah, obat-obatan, selimut, kebutuhan bayi, dan lain sebagainya.

4. Lazisnu

Kemudian, ada pula kanal donasi gempa Cianjur resmi dari Lazisnu, lembaga zakat, infak, dan sedekah organisasi Islam Nahdlatul Ulama. Untuk berdonasi di Lazisnu, caranya bisa dengan mungunjungi tautan ini.

Saat tautan terbuka, klik opsi “Donasi Sekarang” dan masukkan nominal donasi yang hendak diberikan. Pembayaran donasi gempa Cianjur di Lazisnu bisa dilakukan melalui dompet digital DANA, GoPay, atau transfer ke bank BCA, Mandiri, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com